Misteri 'Danau Hilang' Greenland Terpecahkan


Sabtu, 06 Juni 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Para ilmuwan telah menemukan apa yang menyebabkan miliaran galon air dari danau Greenland menghilang dalam hitungan jam. Misteri yang hampir sepuluh tahun berlalu ini dimulai ketika air danau Utara Greenland seluas 2,2 mil persegi ini entah bagaimana tiba-tiba saja terkuras hingga 12 miliar galon air hanya dalam waktu dua jam saja.

Para ilmuwan menentukan bahwa air telah terkuras keluar melalui celah patahan raksasa yang telah membuka di dasar danau, sebuah penemuan yang memberikan jawaban di mana air telah pergi tetapi gagal untuk menjelaskan bagaimana retakan besar seperti itu bisa terbuka begitu cepat.

Misteri Danau Hilang Greenland Terpecahkan

Baca Juga:

Dalam sebuah studi baru yang diterbitkan minggu ini, para ahli akhirnya menemukan akar permasalahan dari teka-teki yang selama ini belum terpecahkan dengan menentukan bahwa retakan besar terjadi akibat adanya pergerakan pada lapisan es.

Fenomena ini tampaknya hanya mempengaruhi sebagian kecil danau Greenland karena sebagian mengalir keluar secara perlahan-lahan.

Selain memecahkan misteri yang sudah berusia satu dekade ini, ilmuwan juga percaya bahwa temuan mereka akan sangat membantu untuk memberikan pemahaman yang lebih baik dari seberapa cepat lapisan es dapat mengalir selama musim panas.

Misteri Danau Hilang Greenland Terpecahkan

"Ini adalah setengah dari persamaan bagaimana lapisan es Greenland memberikan kontribusi untuk kenaikan permukaan air laut, dengan setengah air yang berasal akibat adanya lapisan es yang mencair lebih cepat daripada salju diendapkan," kata penulis studi Laura Stevens dari Massachusetts Institute of Technology.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar