Usir Semut Dengan Memakai Bahan Alami


Jumat, 24 April 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Apakah di rumah Anda banyak semut? Anda kewalahan dengan hewan kecil yang satu ini? Semut memang pantang menyerah, berbagai cara dilakukan untuk mengusirnya tapi tetap saja ia datang lagi dan lagi. Akan tetapi saya punya satu trik. Trik ini tidaklah beracun sebab tidak menggunakan bahan beracun, dan sangat sederhana, namun bisa menjadi sebuah keajaiban kecil. Dan perlu diketahui juga, tidak ada semut yang dirugikan dalam penerapan trik ini. Sebab, kita tidak membunuhnya.

Sebenarnya, semut itu tidak akan menggigit kita jika kita tidak mengganggunya, akan tetapi seringkali tempat mereka berkumpul dan merayap serta membuat sarang itu terkadang tidak pada tempatnya. Sehingga kita yang justru merasa terganggu dengan kehadiran mereka.

Usir Semut Dengan Memakai Bahan Alami

Baca Juga:

Mengusir semut memang perlu kesabaran. Apalagi jika kita tidak tega membunuhnya. Setiap musim tertentu, pada suhu tertentu, biasanya semut suka berkumpul dan beserta pasukannya akan membentuk barisan seperti layaknya pasukan tentara yang sedang baris-berbaris. Mereka tidak jarang ditemukan disetiap sudut rumah kita. Melalui dapur, kamar mandi, bahkan hingga masuk ke dalam kamar tidur kita. Mereka seperti berada dimana-mana. Jika melihat mereka bergerombol, sungguh menjijikkan.

Lalu bagaimana mengusirnya?

1. Pertama-tama, pelajarilah rute perjalanan mereka. Hal ini untuk mengetahui sejauh mana mereka membuat barisan dan menemukan sarang mereka.

2. Semut umumnya menyukai tempat-tempat lembab namun tidak basah. Jadi pelajarilah ruangan di rumah Anda, usahakan tidak ada tempat-tempat yang disukai oleh semut. Buang benda-benda yang sekiranya bisa menjadi sarang semut. Rapihkan dapur dan tempat makanan.

3. Setelah kedua cara diatas Anda lakukan, barulah kita persiapkan bahan alami yang dapat mengusir semut. Gunakanlah bubuk kayu manis. Taburkan bubuk kayu manis diberbagai tempat yang sering digunakan semut untuk berkumpul, berbaris, dan merayap.

Bubuk kayu manis, selain aromanya menyegarkan dan tidak beracun, ternyata aroma bubuk kayu manis ini tidak disukai oleh semut. Dijamin, setelah Anda menaburkan bubuk kayu manis ini di tempat-tempat yang dijadikan sarang maupun berkumpulnya semut, mereka akan menjadi jera, dan tidak akan menampakkan diri lagi.

Namun, jika Anda tidak memiliki bubuk kayu manis di rumah, serta agak kesulitan untuk mendapatkannya. Maka ada bahan lainnya yang bisa Anda gunakan, diantaranya: jeruk, cuka, peppermint dan bubuk kopi. Semua bahan-bahan alami itu memiliki khasiat yang sama seperti bubuk kayu manis.

Sebenarnya, trik ini bekerja dengan mengganggu sistem navigasi semut, sebab semut menggunakan jejak feromon untuk melakukan navigasi antar sesama mereka. Nah, aroma bahan-bahan alami ini membuat mereka kehilangan jejak, sehingga mereka kalang kabut, lalu akhirnya kabur mencari tempat yang lain untuk mereka gunakan sebagai sarang.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. Terima kasih tipsnya, nanti bisa dicoba. Iya benar, semut suka pada daerah yang lembab.

    BalasHapus
  2. @Murtopo: siiiplah.. oya, lain kali pake nama profil ya mas..

    BalasHapus