Maglev, Kereta Api Tercepat Di Dunia


Sabtu, 25 April 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Minggu ini, kereta api tercepat di dunia yang memiliki kecepatan tertinggi 603 km/jam melakukan tes uji cobanya di jalur tes dekat Gunung Fuji, Jepang.

Dengan tujuan untuk mengurangi rasa kekhawatiran masyarakat yang membutuhkan waktu cepat dalam perjalanan mereka sehari-hari, maka Jepang mulai membuat jenis kereta api yang super tercepat dari jenis tercepat sebelumnya. Dan terciptalah kereta api Maglev.

Kereta api Maglev, hadir dengan penampilan berbentuk peluru futuristik, ia mampu bergerak di pedesaan Jepang dengan kecepatan beberapa ratus kilometer per jam saat melayang 10 cm di atas trek dengan menggunakan magnet.

Maglev, Kereta Api Tercepat Di Dunia

Baca Juga:

Dalam aksi memecahkan rekor minggu ini, maglev yang membawa 49 penumpang berhasil mencapai rekor dunia baru dengan mencapai kecepatan 603 km/jam. Kecepatan ini berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yaitu 590 km/jam, yang juga telah mengalahkan rekornya sendiri 581 km/jam pada tahun 2003, dicapai hanya satu minggu sebelumnya.

"Perjalanan yang nyaman dan stabil," kata Yasukazu Endo, kepala Maglev Test Centre. "Kami ingin terus menganalisis data dan memanfaatkannya dalam merancang mobil-mobil dan peralatan lainnya."

Anggota masyarakat cenderung harus menunggu sedikit lebih lama sebelum memiliki kesempatan mengalami kecepatan ekstrim seperti ini, namun sebagai model saat ini dalam pelayanan hanya dapat melakukan perjalanan sekitar 320 km/jam.

Untuk pergi lebih cepat dari itu akan diperlukan waktu sampai tahun 2027 ketika layanan 500 km/jam baru akan tersedia untuk mengocok penumpang antara Tokyo dan Nagoya dalam waktu hanya 40 menit saja. Luar biasa!

Penasaran seperti apa kecepatannya? Lihat videonya dibawah ini:

VIDEO KERETA API TERCEPAT

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

1 komentar: