Dapur lava luas ditemukan di bawah Yellowstone


Minggu, 26 April 2015
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Sebuah ruang yang berisi 11.200 mil kubik batuan cair telah ditemukan di bawah Yellowstone National Park. Tepat bi bawah danau ideallic, lembah dan hutan yang membentuk salah satu tujuan wisata paling populer di Amerika terletak jantung berdetak dari apokaliptik raksasa, yaitu sebuah “Supervolcano” dengan potensi untuk menimbulkan kehancuran berskala luas jika meletus.

Meskipun belum ada tanda-tanda gerakan aktif dari lava tersebut, namun harus segera dimiliki rencana untuk berjaga-jaga di kemudian hari. Para ilmuwan mulai sibuk merekam gambar tiga dimensi pertama interior gunung berapi dalam upaya untuk belajar sebanyak mungkin tentang hal itu.

Dapur lava luas ditemukan di bawah Yellowstone

Apa yang mereka temukan adalah bahwa dapur magma yang terletak sekitar 28 mil di bawah Yellowstone sangatlah mengejutkan, dapur magma itu berisi 11.200 mil kubik batuan cair, cukup untuk mengisi seluruh Grand Canyon 14 kali lebih.

Baca Juga:

Bukan hanya itu, ditemukan juga ruangan kecil kedua disampingnya yang berisi 2.500 mil kubik lava.

"Setiap hal kita banyak belajar tentang sistem vulkanik Yellowstone adalah salah satu bagian yang lebih dalam teka-teki, dan yang membuat kita lebih dekat untuk benar-benar memahami bagaimana sistem vulkanik bekerja," kata rekan penulis studi Fan-Chi Lin, seorang ahli geologi dari Universitas Utah.

"Jika kita bisa lebih memahami sifat-sifat transportasi cairan magmatik, kita bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari waktu ke waktu, karena hal itu, akan membawa pemahaman di mana kita berada dalam siklus vulkanik tersebut."

Terakhir kali gunung berapi ini meletus adalah 640.000 tahun yang lalu namun kemungkinan itu terjadi lagi pada suatu tahun tertentu dalam waktu dekat sekitar 1 hingga 700.000 tahun. Bahkan kita juga tidak menutup kemungkinan karena tidak dapat memprediksi secara tepat kapan itu akan terjadi bertahun-tahun mendatang. Untuk itu kita harus bersiap-siap.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. kebayang deh kalo meletus bagaimana :D
    bencana alam memang menyeramkan..

    BalasHapus