Wow, Kentang Dapat Tumbuh di Tanah Mars


Jumat, 10 Maret 2017
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Apakah Anda pernah melihat serial film yang diputar tahun 2015 berjudul “The Martian”? Dalam film tersebut mengisahkan astronot yang dibintangi oleh Matt Damon menemukan dirinya terdampar di Planet Merah Mars dan memaksa dirinya bergantung pada tumbuhan kentang di tanah Martain itu untuk membantunya tetap hidup. Dia berhasil menumbuhkan kentang di tanah Mars dengan teknik tertentu yang ia terapkan. Sejak pemutaran film ini, banyak para ilmuwan yang menjadikannya sebagai topik perdebatan. Apakah teori ini dapat diwujudkan menjadi nyata atau tidak?

Kini, sebuah studi baru yang diterbitkan oleh International Potato Center telah mengungkap bahwa kentang bisa benar-benar dapat tumbuh di Mars dengan memberikan mereka nutrisi yang diperlukan.

Wow, Kentang Dapat Tumbuh di Tanah Mars

Baca Juga:

Konsepnya mungkin terdengar aneh, tapi ternyata menumbuhkan kentang di Planet Merah adalah ilmu fakta dari fiksi. International Potato Center telah menerbitkan penelitian yang menunjukkan bahwa umbi dapat tumbuh di bawah kondisi atmosfer Mars.

Pada tahun 2016, insinyur di Universitas Teknik dan Teknologi di Lima membangun CubeSat khusus yang direplikasi dengan kondisi Mars. Suhu, tekanan udara, oksigen, CO2 dan tingkat cahaya semuanya dikontrol dalam wadah tertutup rapat, dipantau oleh sensor dan kamera streaming.

Di pusat wadah, benih kentang ditanam di tanah yang sama dengan yang ditemukan di Mars dan makan dengan air yang kaya nutrisi. Lihat video pertumbuhan benih kentang tersebut di bawah ini:



"Menumbuhkan tanaman dalam kondisi Mars adalah fase penting dari eksperimen ini," kata Julio Valdivia-Silva, rekan penelitian dengan SETI Institute. "Jika tanaman dapat mentolerir kondisi ekstrim seperti saat kita ekspos mereka pada CubeSat, mereka memiliki kesempatan yang baik untuk tumbuh di Mars."

"Ini adalah kejutan yang menyenangkan untuk melihat bahwa kentang kita dapat berkembang dan mentolerir stres abiotik serta mampu menghasilkan umbi di dalam tanah ini," kata peternak kentang Walter Amoros.

Ini kabar baik bagi Matt Damon, serta penemuan yang menggembirakan yang bisa berarti bahwa astronot masa depan yang mengunjungi Mars akan dapat menumbuhkan makanan mereka sendiri di tanah Mars.

"Kami akan melakukan beberapa putaran percobaan untuk mengetahui varietas kentang yang terbaik. Kami ingin tahu apa kondisi minimum yang dapat dihadapi kentang untuk bertahan hidup."

Terlebih lagi, hasilnya bisa memiliki implikasi positif bagi kita yang tersisa di Bumi. "Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya kami mengembangbiakkan varietas dengan potensi tinggi untuk memperkuat ketahanan pangan di daerah-daerah yang terkena dampak, atau yang terpengaruh oleh perubahan iklim ekstrem," kata Amoros.

Wow, Kentang Dapat Tumbuh di Tanah Mars

Fakta Kentang

Kentang sangat kuat dan memiliki kemampuan untuk tumbuh di tanah apapun.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar