NASA Ingin Ciptakan Materi Kondensat Bose-Einstein


Kamis, 09 Maret 2017
Label: ,

[Sains Box] Sebuah percobaan baru akan dilakukan oleh NASA dengan tujuan untuk dapat membekukan atom gas ke sepermilyar derajat di atas nol mutlak. Percobaan ini akan dilakukan pada kapal Stasiun Luar Angkasa Internasional, menggunakan laser dan ruang vakum untuk menciptakan sesuatu yang dikenal sebagai kondensat Bose-Einstein, suatu keadaan materi yang hanya dapat dicapai pada temperatur yang sangat rendah.

"Mempelajari atom-atom hiper-dingin bisa membentuk kembali pemahaman kita tentang materi dan sifat dasar gravitasi," kata ilmuwan proyek Robert Thompson.

NASA Ingin Ciptakan Materi Kondensat Bose-Einstein

Baca Juga:

Teknologi, yang dikenal sebagai Cold Atom Laboratory (CAL), bekerja dengan menggunakan laser, ruang vakum dan “pisau” elektromagnetik untuk membekukan atom gas hingga sepermilyar derajat di atas nol mutlak, lebih dari 100 juta kali lebih dingin dari kedalaman ruang angkasa.

"Percobaan kami akan dilakukan dengan teknologi CAL, akan memberi kita wawasan gravitasi dan energi gelap. Beberapa kekuatan yang paling meresap di alam semesta."

Ilmuwan proyek Robert Thompson memprediksi kondensat Bose-Einstein bisa diamati hingga lima sampai 10 detik dengan bantuan dari CAL, dengan kemungkinan untuk membuat mereka ratusan terakhir detik ke trek.

Hasil eksperimen ini juga bisa mengakibatkan sejumlah peningkatan teknologi, termasuk sensor, komputer kuantum dan jam atom yang digunakan dalam navigasi pesawat ruang angkasa.

NASA Ingin Ciptakan Materi Kondensat Bose-Einstein

Wakil manajer proyek, Kamal Oudrhiri mengatakan aplikasi yang paling menarik adalah mereka yang berkaitan dengan deteksi energi gelap.

Dia juga menambahkan bahwa model saat kosmologi membagi alam semesta menjadi 27 persen materi gelap, 68 persen energi gelap dan 5 persen materi biasa.

"Ini berarti bahwa bahkan dengan semua teknologi kita saat ini, kita masih buta terhadap 95 persen dari alam semesta," katanya.

"Seperti lensa baru di teleskop pertama Galileo, ultra-sensitif atom dingin di Cold Atom Laboratory memiliki potensi untuk membuka banyak misteri di luar batas fisika yang dikenal."

Kecuali ada beberapa peradaban luar bumi lain di luar sana yang melakukan percobaan serupa, ini berarti bahwa manusia telah secara efektif menciptakan titik terdingin di seluruh alam semesta.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar