Galaksi 'Hantu' Terdiri dari Banyak Materi Gelap


Senin, 29 Agustus 2016
Label:
Advertisement
[Sains Box] Galaksi misterius yang dikenal sebagai Dragonfly 44 diyakini terdiri dari 99,99 persen materi gelap. Diumumkan pada hari Kamis kemarin, sebuah galaksi, yang terletak lebih dari 300 juta tahun cahaya, awalnya ditemukan oleh Dragonfly Telephoto Array di Toronto sebelum diteliti lebih lanjut oleh para astronom menggunakan teleskop Gemini North dan Keck II di Hawaii.

Meskipun bukan pertama kalinya bahwa sebuah galaksi telah ditemukan dengan jumlah yang signifikan dari materi gelap, namun yang satu ini mengandung jumlah materi gelap yang sedemikian besar, sehingga membuatnya hampir tak terlihat sama sekali ada disana layaknya 'hantu'.

Galaksi Hantu Terdiri dari Banyak Materi Gelap

Baca Juga:

Bagaimana sebuah galaksi seperti ini awalnya bisa terbentuk, tetap menjadi misteri.

"Artinya kita tidak mengerti, jenis fundamental, bagaimana pembentukan galaksi bekerja," kata astronom Pieter van Dokkum dari Yale University.

Dikenal sebagai “kembaran gelap” dari Bima Sakti, galaksi Dragonfly 44 ini masih memberikan banyak pertanyaan para ilmuwan yang belum terjawab. Dan membuktikan bahwa kita masih belum sepenuhnya memahami tentang pembentukan dari sebuah galaksi.

Galaksi Hantu Terdiri dari Banyak Materi Gelap

Gambar diatas menunjukkan betapa susahnya mendeteksi keberadaan 'galaksi hantu' tersebut tanpa bantuan teleskop yang benar-benar dirancang khusus untuk menemukannya.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

1 komentar:

  1. Benar tuh di lihat gambarnya susah banget ya kalau gak pake bantuan teleskop yang di rancang khusus

    BalasHapus