Katak dan Kodok, Mampu Melihat Warna Dalam Gelap


Senin, 06 Maret 2017
Label:

[Sains Box] Para ilmuwan telah menemukan bahwa katak dan kodok ternyata memiliki penglihatan malam lebih tinggi dari semua hewan lain. Menurut sebuah studi baru oleh para peneliti dari Lund University di Swedia, katak dan kodok sebenarnya satu-satunya hewan yang mampu melihat warna dalam kegelapan total.

Dalam kasus yang kebanyakan vertebrata (termasuk manusia), mata mereka memiliki dua jenis khusus dari sel-sel di retina yang dikenal sebagai kerucut dan batang. Kerucut memungkinkan kita untuk melihat warna tapi membutuhkan banyak cahaya, sehingga ketika gelap, batang mengambil alih untuk memberikan penglihatan malam yang terbatas kepada kita (hitam dan putih).

Katak dan Kodok, Mampu Melihat Warna Dalam Gelap

Baca Juga:

Namun, katak dan kodok memiliki batang dengan dua kepekaan yang berbeda dan ilmuwan sekarang percaya bahwa ini memungkinkan mereka untuk membedakan warna bahkan dalam kegelapan total sekalipun.

"Sangat menakjubkan bahwa hewan ini benar-benar dapat melihat warna dalam kegelapan yang ekstrim, ke ambang mutlak dari sistem visual," kata Profesor Almut Kelber. "Hasil ini tak terduga."

"Sebelumnya, kami telah menunjukkan ngengat dan tokek juga mampu melihat warna dalam kondisi cahaya rendah dibandingkan dengan manusia. Namun, katak tampaknya memiliki kemampuan unik untuk melihat warna dalam gelap."

Luar biasa untuk katak dan kodok!

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar