Ditemukan 7 Planet Seukuran Bumi Mengorbit di Satu Bintang


Kamis, 23 Februari 2017
Label:

[Sains Box] NASA telah mengumumkan penemuan tujuh planet baru, dimana ada tiga yang termasuk ke dalam zona layak huni bintang mereka. Penemuan luar biasa ini menandai pertama kalinya bahwa begitu banyak dunia seukuran Bumi yang pernah ditemukan dalam sistem tata surya tunggal, yaitu sistem bintang Trappist-1, yang terletak sekitar 39 tahun cahaya.

Bahkan yang lebih menarik adalah kenyataan bahwa tiga dari planet-planet ini berada dalam zona layak huni bintang tersebut, yaitu wilayah di mana suhu "tepat" untuk keberadaan air cair.

Berita ini sangat menarik karena dengan teleskop generasi berikutnya, harus mungkin untuk menentukan jenis atmosfer apa yang dimiliki oleh dunia ini.

Ditemukan 7 Planet Seukuran Bumi Mengorbit di Satu Bintang

Baca Juga:

Menurut Amaury Triaud di Institut Astronomi Cambridge University, kita bahkan mungkin dapat menentukan apakah ada atau tidaknya kehidupan di planet ini paling tidak sekitar sepuluh tahun.

"Saya pikir, kita telah membuat langkah penting dalam mencari tahu apakah ada kehidupan di luar sana," katanya. "Jika kehidupan berhasil berkembang dan gas dirilis dalam cara yang sama seperti di Bumi, kita akan tahu."

Aspek lain yang menarik dari planet-planet ini adalah bahwa mereka cukup dekat satu sama lain, yang berarti bahwa jika Anda berdiri di salah satu permukaan planet, Anda akan dapat melihat yang lain di langit seperti kita melihat bulan.

"Ini akan menjadi pertunjukan yang indah," kata Triaud.

Trappist-1 adalah sistem bintang yang berisi tujuh planet seukuran dengan Bumi. Mereka mengorbit sebuah bintang kecil yang disebut planet kerdil utra-cool. Melihat jarak planet-planet dari bintangnya berarti bahwa akan dapat ditemukan air cair pada permukaan mereka.

Ditemukan 7 Planet Seukuran Bumi Mengorbit di Satu Bintang

Langkah selanjutnya akan menggunakan Hubble Space Telescope untuk mencari tanda-tanda metana dan air, indikasi potensi dunia yang dapat dihuni. Di luar itu, ada kemungkinan bahwa akan datang James Webb Space Telescope yang akan memberitahu kita apakah ada atau tidak sesuatu yang tinggal di sana.

"Ini berarti kita mungkin akan berada dalam bisnis mencari alien dalam satu dekade ke depan, mungkin tidak seperti yang orang lain bayangkan, mungkin pada skala waktu lebih lama," kata Profesor David Charbonneau.

VIDEO SISTEM TRAPPIST-1

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar