Misteri Tully Monster, Ternyata Masih Berlanjut


Selasa, 21 Februari 2017
Label: , ,

[Sains Box] Dikabarkan pada artikel sebelumnya, bahwa ilmuwan yang telah lama dibuat bingung hingga lebih dari lima dekade terkait adanya penemuan fosil yang diperoleh dari seorang kolektor bernama Francis Tully pada tahun 1958, tentang identitas pemilik fosil yang sebelumnya tidak bisa dijelaskan oleh ilmu pengetahuan ini mengklaim bahwa mereka telah berhasil mengidentifikasinya. Baca disini: Misteri Tully Monster Akhirnya Terpecahkan.

Fosil makhluk aneh yang diperkirakan hidup 307 juta tahun yang lalu ini diberi nama 'Tully Monster', mengingat bentuknya yang memang tidak biasa, ia memiliki tubuh yang panjang seperti torpedo dengan dua buah mata aneh yang melekat pada masing-masing ujung sebuah batang horizontal di wajahnya. Sementara moncongnya yang panjang menjulur dari kepalanya dan berakhir dengan ujung gigi cakar. Bentuk spesies yang benar-benar sulit dijelaskan pada waktu itu. Hingga 50 tahun lebih menjadi misteri. Sampai pada akhirnya bulan Maret 2016 ilmuwan sepakat menyatakan bahwa makhluk tersebut adalah sejenis lamprey.

Baca Juga:


Misteri Tully Monster, Ternyata Masih Berlanjut

Ilmuwan berpikir pada saat itu sudah berhasil memecahkan misteri ini. Namun sayangnya, muncul laporan baru yang mengatakan bahwa telah ada kekeliruan pada keputusan tersebut. Lauren Sallan dari University of Pennsylvania telah mengklaim bahwa terdapat 'kesalahan' pada penelitian sebelumnya.

"Hewan ini tidak sesuai dengan semua klasifikasi karena begitu aneh," kata Sallan. "Ia memiliki mata yang ada di batang horizontal dan memiliki capit pada ujung belalai panjang di kepalanya dan bahkan ada perbedaan pendapat tentang cara ia bergerak. Tapi hal terakhir yang dapat dipahami bahwa Tully Monster bisa jadi adalah seekor ikan."

Menurut sebuah laporan baru, tim sebelumnya menyimpulkan hal yang salah karena mereka tidak sepenuhnya memahami cara di mana spesimen fosil telah diawetkan.

Misteri Tully Monster, Ternyata Masih Berlanjut

Makhluk itu juga sebenarnya tidak menyerupai fosil lamprey yang ditemukan di daerah yang sama. Ini sudah memberi sedikit gambaran bahwa ia bukanlah sejenis lamprey.

"Sangat penting untuk menggabungkan semua baris bukti ketika mempertimbangkan adanya fosil misterius: anatomi, preservational dan komparatif," kata rekan penulis studi Sam Giles.

"Memiliki kesalahan keputusan semacam ini benar-benar dapat mempengaruhi pemahaman kita tentang evolusi vertebrata dan keragaman vertebrata di waktu tertentu," kata Sallan. "Ini membuatnya lebih sulit untuk mendapatkan bagaimana hal-hal berubah dalam menanggapi suatu ekosistem jika Anda memiliki 'hal asing' seperti ini. Dan tentu saja akan ada 'hal asing' dalam catatan fosil, bahkan ada banyak hal-hal aneh dan itu bagus. Namun, jika Anda akan membuat klaim yang luar biasa, Anda perlu bukti yang luar biasa juga."

Adapun identitas sebenarnya dari Tully Monster ini, tim yang dipimpin Penn mengatakan bahwa masih mengambang dan belum terpecahkan hingga saat ini.

Lalu, spesies apakah sebenarnya Tully Monster itu?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar