Bayam Bionic Mampu Mendeteksi Bahan Peledak


Rabu, 02 November 2016
Label: ,

[Sains Box] Para ilmuwan telah menemukan cara untuk mengubah tanaman bayam menjadi detektor bom yang sangat efektif. Sebagai bagian dari studi baru di Massachusetts Institute of Technology, ilmuwan menanamkan nanotube karbon kecil ke daun tanaman bayam, sehingga memungkinkan mereka untuk mengambil aromatik nitro, bahan kimia yang ditemukan dalam ranjau darat dan jenis-jenis bahan peledak lainnya.

Setelah sekitar sepuluh menit, para peneliti menyinari laser pada daun, mendorong nanotube untuk memancarkan cahaya neon dekat-inframerah yang bisa dijemput oleh kamera infra merah.

Bayam Bionic Mampu Mendeteksi Bahan Peledak

Baca Juga:

"Kertas kami menguraikan bagaimana dapat mengatur tanaman seperti ini untuk mendeteksi hampir apa pun," kata rekan penulis Prof Michael Strano. "Tanaman ini dapat digunakan untuk aplikasi pertahanan, tetapi juga untuk memantau ruang publik yang terkait kegiatan terorisme, sesudah kami menunjukkan deteksi air dan udara."

"Tanaman tersebut dapat digunakan untuk memantau rembesan air tanah dari amunisi yang dikubur atau limbah yang mengandung nitro-aromatik."

Sinyal dapat dideteksi dengan berbasis set-up pada smartphone.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(bbc)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar