Ilmuwan yakin, ada Pendukung Kehidupan di Planet Proxima b


Minggu, 09 Oktober 2016
Label:

[Sains Box] Ketertarikan para ilmuwan pada sistem bintang katai Proxima Centauri saat ini mulai yakin bahwa planet ekstrasurya terdekat yang ada di sekitar Proxima Centauri adalah 'mungkin' untuk mampu mendukung kehidupan asing.

Terletak hanya 4,2 tahun cahaya di orbit sekitar bintang kerdil merah Proxima Centauri, dunia terestrial ini sangatlah kecil, yang pertama kali ditemukan kembali pada bulan Agustus, dan dipercaya oleh para ilmuwan bisa menjadi Bumi kedua.

Planet Proxima b

Baca Juga:

Menurut sebuah studi baru oleh tim di Marseille Astrofisika Laboratorium (CNRS), ada kesempatan yang sangat baik bahwa Proxima b bisa menawarkan kondisi yang menguntungkan bagi kehidupan.

"Planet ini, yang disebut Proxima b, adalah planet yang berada dalam orbit yang akan memungkinkan untuk memiliki air cair di permukaannya, sehingga menimbulkan pertanyaan untuk kelayakhunian nya," tulis tim.

"Planet ini mungkin memiliki pelabuhan air cair di permukaannya dan jika benar, maka akan menjadi pelabuhan bentuk kehidupan."

Planet ini pasti akan menjadi target yang menggiurkan untuk misi ruang angkasa antar bintang di masa depan.


"Faktanya di planet ini mungkin masih ada kehidupan hingga saat ini, bukan hanya selama pembentukannya saja, melainkan sangat besar," kata pemimpin penelitian, Bastien Brugger.

"Hal yang menarik tentang Proxima b adalah bahwa ia merupakan planet ekstrasurya terdekat dengan Bumi. Ini benar-benar menarik untuk memiliki kemungkinan bahwa ada kehidupan asing hanya di gerbang tata surya kita."

Proxima b bisa menjadi planet pertama di luar tata surya kita yang akan dikunjungi oleh robot dari Bumi. Semoga misi kesana akan dapat berjalan dengan lancar.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

8 komentar:

  1. Jika hal ini benar, Manusia punya alternatif lain selain Bumi. Bisa hidup disana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, sayangnya data2 yg diperoleh msh sedikit, karena manusia belum mengirimkan apapun disana. Lalu, jarak tempuh juga perlu diperhitungkan. Sementara itu, ke planet Mars saja manusia belum menginjakan kaki disana, apalagi di planet yang asing. Mungkin msh butuh byk waktu.

      Hapus
  2. Balasan
    1. haha, nyampe sana udah keburu tua duluan sob, mending kalo msh dikasih umur sih.. :D

      Hapus
  3. Wah kalau benar-benar bisa menyokong kehidupan tuh berarti masalah kepadatan penduduk aman. Tinggal pindahin aja manusia ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mindahinnya pake apa sob?
      seandainya ada pintu doraemon, pasti mudah

      Hapus
  4. blum ada alat yg bsa memastikan planet trsbut bnar-bnar layak huni, kita blum tau sob planet itu memang sprti bumi atau mlah gersang sprti mars. kalaupun benar-benar mirip bumi, mustahil bgi teknologi saat ini untuk mnjangkaunya, apalagi mengirim mnusia ke sana. ke mars aja blum kesampean :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, itu dia sob, ke Mars aja masih digembor-gemborkan entah kpn bisanya terbang ke sana. Tapi kemungkinan sih, akan dibikin robot utk dikirim ke planet itu. Sama halnya dgn ke Pluto yg baru2 ini berhasil sampai kesana melalui pesawat angkasa. Setidaknya bisa dpt fotonya saja dari jarak dekat.

      Hapus