Jejak Gulungan Teks Kuno 'Laut Mati' ditemukan di Gua Baru


Sabtu, 11 Februari 2017
Label:

[Sains Box] Dokumen kitab Gulungan Laut Mati dianggap sebagai beberapa teks kuno yang paling signifikan yang pernah ditemukan, terdiri dari beberapa ratus dokumen yang berusia lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Mereka ditemukan dalam sebelas gua di timur Gurun Yudea antara tahun 1946 dan 1956.

Namun, belum lama ini sebuah gua baru telah ditemukan. Penemuan ini menjadi yang pertama sejak lebih dari 60 tahun. Meskipun diyakini isi gua ini pernah dijarah sebelumnya.

Jejak Gulungan Teks Kuno Laut Mati ditemukan di Gua Baru
-[ Kain pembungkus gulungan ]-

Baca Juga:

Gua baru ini ditemukan oleh arkeolog dari Israel, yang diyakini sebagai gua kedua belas yang menyimpan teks kuno gulungan Laut Mati atau biasa dikenal sebagai “Dead Sea Scrolls”, meskipun tampaknya seolah-olah gulungan tersebut telah dijarah oleh orang-orang Badui di tahun 1950-an.

Semua yang tersisa saat ini adalah beberapa guci, memo kulit dan fragmen perkamen.

"Sampai sekarang, itu diterima bahwa Dead Sea Scrolls ditemukan hanya dalam sebelas gua di Qumran, tapi sekarang tidak ada keraguan bahwa ini adalah gua ke duabelas," kata Dr Oren Gutfeld.

Jejak Gulungan Teks Kuno Laut Mati ditemukan di Gua Baru

Jejak Gulungan Teks Kuno Laut Mati ditemukan di Gua Baru

"Meskipun pada akhirnya tidak ada gulungan lagi yang ditemukan, dan sebaliknya kita 'hanya' menemukan sepotong perkamen yang digulung dalam kendi yang sedang diproses untuk menulis, namun temuan ini menunjukkan tanpa keraguan bahwa di gua ini memang terdapat gulungan yang dicuri."

"Temuan termasuk guci dimana gulungan dan penutup mereka yang tersembunyi, tali kulit untuk mengikat gulungan, kain yang dibungkus gulungan, tendon dan potongan kulit yang menghubungkan fragmen, dan banyak lagi."

Jejak Gulungan Teks Kuno Laut Mati ditemukan di Gua Baru
-[ Segel Akik kecil ini adalah bukti bahwa gua itu pernah dihuni ]-

Gua ini menjadi gua bersejarah yang pernah ditemukan dalam usaha pencarian Gulungan Laut Mati yang hilang.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(bbc)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

2 komentar:

  1. Aku masih belum paham dan mengerti, gulungan ini tentang sejarah apa ya ? Laut mati, aku sedikit kurang mengerti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konon katanya gulungan itu berisi teks2 kuno dari sebuah kitab keagamaan pada ribuan tahun lalu, yg katanya terdapat 25 kitab, soal 'Laut Mati' sendiri adalah nama tempat/pantai dimana pertama kali ditemukan gulungan itu, sehingga diberi nama 'Gulungan Laut Mati'. Kalo isi teksnya memang msh samar, tp secara pasti itu isinya ajaran agama kuno. Nah, begitu kang penjelasannya.

      Hapus