Bongkahan Meteorit Besi Aneh di Permukaan Mars


Jumat, 04 November 2016
Label:

[Sains Box] NASA Curiosity rover telah mengambil melihat lebih dekat pada objek meteorit yang tampak aneh tergeletak di permukaan Mars. Objek seukuran bola golf yang aneh ini pertama kali ditemukan oleh para ilmuwan setelah mendapatkan gambar dari rover Mast Camera (MastCam) di daerah Mars yang melaju pulang pada akhir bulan lalu.

Setelah dilihat lebih dekat menggunakan instrumen Chemistry and Camera (ChemCam) telah mengungkapkan bahwa objek yang telah diberi nama 'Egg Rock' ini, sebenarnya adalah meteorit yang mengandung besi dan nikel.

Bongkahan Meteorit Besi Aneh di Permukaan Mars

Baca Juga:

"Besi meteorit memberikan catatan dari banyak asteroid berbeda yang terpecah, dengan fragmen dari inti mereka berakhir di Bumi dan di Mars," kata anggota tim ChemCam Horton Newsom.

"Mars mungkin memiliki sampel asteroid yang berbeda daripada di Bumi."

Meteorit yang ditemukan di permukaan Mars ini memiliki potensi untuk memberitahu kita tentang banyak hal bagaimana lingkungan planet telah berubah selama beberapa juta tahun terakhir ini.

Bongkahan Meteorit Besi Aneh di Permukaan Mars

Wilayah Egg Rock ditemukan di perjalanan yang ditempuh oleh rover Curiosity saat mencapai Gunung Sharp, dan sudah diyakini telah menawarkan kondisi yang dulunya menguntungkan bagi kehidupan mikroba.

Sebuah analisis lebih dekat dari meteorit ini bisa membantu mengungkapkan petunjuk lebih lanjut tentang kelayakhunian planet.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar