Ditemukan Berlian Ungu yang Sangat Langka


Kamis, 05 Mei 2016
Label: ,

[Sains Box] Berlian ungu yang sangat mustahil dan langka telah ditemukan di kedalaman tambang Argyle yang terpencil di Australia. Berlian putih biasa adalah berlian yang sangat berharga dan dicari komoditas, tetapi di pertambangan berlian Argyle yang terletak di utara Australia Barat telah menemukan sesuatu yang amat sangat menarik, yaitu berlian berwarna. Para penambang disana memang telah lama menemukan berlian merah muda yang tidak biasa atau berwarna rona merah yang bernilai hingga 50 kali lipat dari berlian pada umumnya.

Namun, yang lebih spektakuler, adalah penemuan bentuk berlian berwarna ungu yang baru ditemukan belum lama ini. Berlian Ungu merupakan sesuatu yang sangat langka yang hanya berjumlah relatif kecil dari mereka yang pernah ditemukan.

Ditemukan Berlian Ungu yang Sangat Langka

Baca Juga:

Salah satu berlian tersebut, ditemukan pada tahun 2015, yang telah mengambil posisi tengah panggung diantara berlian merah muda milik Rio Tinto, sebuah acara yang hanya menampilkan batu 12 karat yang dipoles ungu yang pernah diproduksi lebih dari tiga dekade.

"Mustahil langka dan terbatas oleh alam, berlian Argyle Violet akan sangat dicari karena keindahan, ukuran dan asalnya," ungkap manajer umum penjualan Rio Tinto Diamonds, Patrick Coppens.

Hal ini tidak jelas persis bagaimana berlian seperti ini mendapatkan warna yang tidak biasa namun diduga karena ada hubungannya dengan struktur distorsi molekul selama pembentukan mereka di kerak bumi.

Berlian merah muda, yang membuat penampilan reguler di acara itu, bernilai sampai dua juta dollar perkarat. Lalu berapakah nilai untuk berlian ungu??


*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar