Molekul Organik Ada Di Ruang Antar Bintang


Selasa, 04 November 2014
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Molekul Organik Ada Di Ruang Antar Bintang

Belum lama ini, para astronom telah berhasil mengidentifikasi adanya tanda-tanda pertama dari molekul kimia kehidupan yang berada di pusat galaksi.

Blok molekul kehidupan ini tampaknya menyebar di seluruh alam semesta menurut para ilmuwan yang telah menemukan iso-propil sianida, yaitu molekul yang memiliki struktur mirip dengan molekul organik kompleks yang sudah kita kenal, berada dalam awan pembentuk bintang yang terletak lebih dari 27.000 tahun cahaya dari Bumi.

Sementara molekul organik lainnya pernah ditemukan sebelumnya, yaitu iso-propil sianida adalah yang pertama sebagai tulang punggung molekul karbon bercabang.

Baca Juga:

Molekul Organik Ditemukan Di Ruang Antar Bintang

Molekul ini ditemukan dengan menggunakan Atacama Large Millimeter Array (ALMA) yaitu sebuah observatorium luar angkasa terbesar yang dibangun di Chile.

Molekul Organik Ditemukan Di Ruang Antar Bintang
Observatorium ALMA di Chile

"Tujuan kami adalah untuk mencari molekul organik kompleks baru di medium antarbintang," kata Dr Arnaud Belloche dari Max Planck Institute for Radio Astronomy. "Idenya adalah untuk mengetahui apakah unsur-unsur yang diperlukan bagi kehidupan juga dapat ditemukan di tempat lain di galaksi kita."

Penemuan ini merupakan awal yang menjanjikan bagi ilmu pengetahuan, dimana bisa diambil kesimpulan bahwa elemen ini ternyata secara umum tersebar di seluruh ruang antar bintang.

Molekul Organik Ditemukan Di Ruang Antar Bintang
Molekul i-propil sianida
memiliki tulang punggung bercabang atom karbon

"Ini langkah lebih dekat untuk menemukan molekul yang dapat dianggap sebagai blok bangunan atau prekursor yaitu... asam amino," kata Prof Matt Griffin. "Itulah yang semua orang ingin lihat."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar