Ilmuwan Menemukan Bakteri Pemakan Plastik


Minggu, 13 Maret 2016
Label:

[Sains Box] Untuk pertama kalinya spesies bakteri yang dapat memecah plastik telah ditemukan. Tempat pembuangan sampah yang meluap dengan bahan non-degradable telah menjadi kekhawatiran dalam beberapa tahun terakhir, tetapi sekarang tampaknya seolah-olah alam menemukan cara untuk melawannya.

Para peneliti di Jepang baru-baru ini melakukan penelitian di mana mereka menyaring ratusan sampel polusi polyethylene terephthalate (PET) sebelum mengidentifikasi koloni bakteri yang tampaknya telah mengembangkan enzim khusus untuk mampu memecah plastik.

Ilmuwan Menemukan Bakteri Pemakan Plastik
Limbah sampah plastik

Baca Juga:

Ini adalah untuk pertama kalinya ditemukan adanya organisme yang dapat melakukan sesuatu yang selama ini tidak mungkin. Namun, diyakini hal ini terjadi sebagai respon langsung terhadap jumlah limbah plastik yang telah kita buang lebih dari 70 tahun terakhir.

"Jika Anda menempatkan bakteri ini dalam situasi di mana mereka hanya punya satu sumber makanan untuk dikonsumsi, dari waktu ke waktu mereka akan beradaptasi untuk melakukan itu," kata profesor mikrobiologi, Enzo Palombo.

Bakteri yang dikenal dengan nama Ideonella sakaiensis merupakan bakteri yang mampu mendegradasi plastik PET berkualitas rendah hanya dalam enam minggu saja, ini tidak buruk mengingat seberapa kuat molekul dalam poliester terikat bersama-sama.

Ilmuwan Menemukan Bakteri Pemakan Plastik

"Sampai saat ini, tidak ada organisme yang dikenal dapat menguraikan plastik," kata Prof Uwe Bornscheuer.

Untuk sementara, penemuan ini tentunya merupakan salah satu yang menarik, tidak jelas apakah bakteri baru ini dapat dimanfaatkan dengan cara apapun untuk membantu membuang plastik atau bahan lain yang lebih efisien. Tentu saja, cara yang paling efektif adalah menghindari pembuangan plastik. Jangan hanya karena ditemukan bakteri yang bisa membantu, lalu kita dengan seenaknya saja semakin menjadi-jadi membuang limbah plastik sembarangan.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar