Wow, Angin di Planet Asing ini Bergerak 5.400 mph


Senin, 16 November 2015
Label:

[Sains Box] Untuk pertama kalinya, para astronom telah mampu memetakan kondisi cuaca dari sebuah planet ekstrasurya yang berada sangat jauh, planet tersebut diberi nama HD 189733b. Terletak pada jarak 63 tahun cahaya dari Bumi, planet yang terdiri dari gas raksasa ini telah berubah menjadi dunia yang keras dan kacau dengan angin bertiup ekstrim di ribuan mil per jam.

"Untuk sementara kami hanya mengetahui angin di exoplanet, namun kami belum mampu langsung mengukur dan memetakan sistem cuaca disana," kata astrofisikawan Tom Louden.

Wow, Angin di Planet Asing ini Bergerak 5.400 mph

Baca Juga:

Untuk mempelajari cuaca planet, para ilmuwan menggunakan kombinasi spektroskopi dan Efek Doppler untuk mengukur jumlah relatif penyerapan natrium di berbagai bagian atmosfernya.

"Kita akan terus mengembangkan teknik lebih lanjut untuk dapat mempelajari arus angin dalam meningkatkan rinciannya dan membuat peta cuaca planet yang lebih kecil," kata co-penulis Peter Wheatley.

"Pada akhirnya teknik ini akan memungkinkan kita untuk menggambar sistem cuaca di planet yang mirip Bumi."

Wow, Angin di Planet Asing ini Bergerak 5.400 mph

Gambar: Planet HD 189733b yang berada di depan bintang induknya. Sebuah sabuk angin di sekitar ekuator planet tersebut bergerak 5400mph dari sisi siang ke sisi malam. Sisi siang hari planet berwarna biru karena hamburan cahaya dari kabut silikat di atmosfer. Sementara sisi malam planet bersinar merah tua karena suhu yang tinggi. Mark A. Garlick / University of Warwick.

Wow, Angin di Planet Asing ini Bergerak 5.400 mph

Gambar: Planet ini ditampilkan di tiga posisi saat melintasi bintang induknya. Perubahan pencahayaan latar belakang memungkinkan para ilmuwan untuk mengetahui penyerapan terpisah dari bagian yang berbeda dari atmosfer planet. Dengan mengukur pergeseran Doppler dari penyerapan mereka kemudian mampu mengukur kecepatan angin. Mark A. Garlick / University of Warwick.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

1 komentar: