Ilmuwan Berhasil Menemukan Bahan Terhitam di Dunia


Selasa, 27 Oktober 2015
Label:

[Sains Box] Bahan yang baru ditemukan ini benar-benar sama sekali hitam, yang hanya menyerap 99% dari semua cahaya yang menimpanya. Digambarkan sebagai bahan yang begitu hitam, maka ketika kita melihatnya, kita seperti menatap ke dalam jurang yang tidak pernah berakhir. Karena kita tidak bisa melihat apapun, benar-benar hitam pekat.

Bahan baru ini terinspirasi oleh kumbang Cyphochilus putih yang memiliki sisik khusus yang mampu memantulkan cahaya yang sangat efektif. Namun, para ilmuwan mencoba menemukan kebalikannya. Maka lahirlah sebuah bahan yang dikenal dengan nama “Vantablack”.


Dibuat dengan menggunakan batang nanopartikel, bahan yang 26 persen lebih gelap dari bahan paling hitam ini dikenal sebelumnya dan mampu menyerap 99 persen dari semua cahaya yang menimpanya.

Baca Juga:

Penemuan ini bisa memungkinkan penciptaan panel surya yang lebih efisien dan bahkan dapat diencerkan ke cairan yang berarti dapat dengan mudah dibuat dan diterapkan dalam berbagai situasi yang berbeda.

Para peneliti bahkan telah mengusulkan gagasan dari bahan yang lebih gelap, dimana salah satunya dapat menyerap semua radiasi di semua sudut dan polarisasi, namun untuk produksi masal dalam kenyataannya masih membutuhkan waktu dan penelitian lebih lanjut, agar benar-benar siap dapat diaplikasikan.

Berikut video cuplikannya:

VIDEO VANTABLACK

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar