6 Makanan yang Tidak Baik Untuk Menu Sarapan


Kamis, 27 Agustus 2015
Label:

[Sains Box] Sarapan itu penting. Jangan pernah sekalipun Anda melewatkan yang namanya sarapan. Sebab, sebelum kita memulai aktifitas di pagi hari, tubuh kita sama halnya dengan kendaraan yang perlu diisi bahan bakar agar mampu menjalankan semua kegiatan sepanjang hari dari pagi hingga malam.

Bahkan dokter pun selalu menyarankan hal ini kepada semua pasiennya. Sarapan merupakan bahan bakar untuk tubuh kita. Sehingga diharuskan tidak melewatkan sarapan. Perlu diketahui, tubuh kita membutuhkan bahan bakar setelah melalui masa tidur di malam hari. Mungkin, yang lebih penting lagi adalah bahwa makan sarapan sehat setiap pagi dapat mengurangi risiko Anda terhadap berbagai penyakit kanker dan diabetes.

6 Makanan yang Tidak Baik Untuk Menu Sarapan

Baca Juga:


Namun, perlu dicatat juga bahwa ada beberapa makanan yang sebisa mungkin tidak memasukkannya sebagai menu sarapan pagi Anda. Apa sajakah itu?

1. Bacon (daging babi asap), sosis atau ham (daging paha babi)

Bagi muslim, babi memang sudah diharamkan, jadi ini sudah dipastikan tidak akan memakannya. Namun untuk non-muslim, harap diingat Anda harus meninggalkan daging olahan sebagai sarapan. Sebab, mereka mengandung nitrat yang terkait dengan kanker kolorektal. Institut Penelitian Kanker mencatat bahwa menghindari nitrat dapat membantu mengurangi risiko kanker.

2. Kebanyakan Sarapan Sereal

Terkadang, untuk sarapan, kita lebih memilih hal yang praktis-praktis saja. Memilih sereal untuk sarapan memang hal yang mudah, namun perlu diingat bahwa sereal dingin, atau sereal yang siap makan seringnya mengandung terlalu banyak gula dan garam. Satu porsi sereal memiliki jumlah gula yang sama seperti tiga chocolate chip cookie. Dan bahkan sereal yang sangat manis dapat memiliki jumlah tinggi natrium, lebih dari 500 miligram per porsinya, sepertiga dari batas yang direkomendasikan bagi kebanyakan orang. Bahan lainnya termasuk minyak terhidrogenasi, yang dikemas dengan lemak jenuh; BHA, juga karsinogenik; dan banyak bahan lainnya yang berkontribusi sedikit atau tidak bergizi. Sebagai contoh, banyak sereal disusun dengan menggunakan panas dan tekanan, yang menurut Food Matters, dapat menghancurkan nutrisi dalam biji-bijian.

3. Sandwich

Harus dicatat bahwa kebanyakan dari sandwich itu dipenuhi dengan pengawet dan tinggi natrium, rendah serat serta tinggi lemak. Sebuah pilihan yang lebih sehat adalah untuk membuat sarapan sandwich Anda sendiri, dengan membungkusnya satu-persatu dan membekukannya.

4. Yogurts

Hitungan kalori dari yogurt ini mungkin rendah, tetapi mereka biasanya sarat dengan pemanis buatan dan bahan kimia. Sehingga tidak baik jika memasukkannya sebagai menu sarapan.

5. Pancake

Mungkin untuk masyarakat Jawa, kue ini lebih dikenal dengan kue serabi. Banyak sekali pancake yang dibuat dengan berbagai pilihan rasa, tetapi banyak yang tinggi kalori. Makanan padat yang dikemas dengan tepung putih, minyak atau mentega dan gula terlalu banyak jelas tidaklah baik untuk kesehatan.

6. Kue panggang kering, donat dan kue danish

Kue-kue jenis ini dibuat dengan tepung putih halus, kue ini memang bisa dijadikan "sarapan instan" yang dikemas dengan tambahan gula, sehingga berdampak buruk bagi gula darah Anda. Memakan kue ini untuk sarapan, justru akan membuat Anda lapar sebelum makan siang.

-----------
Nah, itulah 6 jenis makanan yang tidak baik untuk menu sarapan, sebab selain berdampak pada kesehatan, juga bukan makanan yang sehat. Sarapanlah dengan menu yang sehat, misalnya buah-buahan dan telur.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar