Mitos dan Fakta Kesehatan Dibalik Saran Ibu


Jumat, 13 Maret 2015
Label:

[Sains Box] Biasanya, orang tua seringkali memberikan banyak saran kepada anak-anaknya tentang apa yang musti dimakan dan peraturan dalam memakannya. Saran tersebut memang ada yang dibenarkan secara ilmiah, namun ada juga yang ternyata 'tidak selalu seperti itu'.

Umumnya yang paling banyak memberikan saran tentang kesehatan adalah ibu. Sebab, sebagian besar anak-anak itu jauh lebih dekat dengan ibunya. Bagi seorang anak, menuruti perintah ibu adalah sudah menjadi keharusan. Namun tidak ada salahnya kita memahami lebih jauh apa-apa saja yang seringkali terdengar dari mulut seorang ibu, manakala ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya. Terutama dalam hal gizi, kesehatan, dan kebiasaan sehari-hari.

Mitos dan Fakta Kesehatan dibalik Saran Ibu

Baca Juga:

Nah, berikut ini ada beberapa saran yang sering terucap dari seorang ibu, serta beberapa penjelasannya apakah saran itu sesuai kebenarannya atau 'tidak selalu seperti itu'.

1. Anda harus banyak makan sayuran hijau. Segala macam buah-buahan dan sayuran adalah penting, tetapi ibu bilang yang hijau itu jauh lebih sehat? Ibu selalu bilang begitu, dan ini menarik, memang benar, sayuran yang berwarna hijau itu jauh lebih menyehatkan dibandingkan dengan nuansa lain dari sayuran. Mereka cukup tinggi nitrat, yang telah terbukti untuk meningkatkan aliran darah, kesehatan jantung, dan bahkan kinerja fisik. Jadi, apa yang ibu sarankan itu benar.

2. Sup ayam itu sangat baik untuk mengobati pilek. Ketika kita sedang terkena pilek. Ibu kita seringkali membuatkan sup ayam untuk kita, lalu memberikan saran bahwa sup ayam itu baik untuk menyembuhkan sakit kita. Saran ini memang sudah betul, akan tetapi harus dijelaskan sup seperti apa yang benar-benar baik untuk pilek. Ternyata, sup ayam tidak benar-benar membantu Anda mengalahkan pilek. Tidak hanya dari bantuan cairan panas saja untuk bisa membersihkan sinus padat dalam hidung Anda, akan tetapi komponen tertentu dari kaldu itu sendiri yang telah menjanjikan dalam mengurangi gejala. Perlu diingat bahwa, kaldu yang baik ketika Anda sakit adalah kaldu tulang, atau tulang rendah direbus selama lebih dari 6 jam.

3. Selalu berkumur setelah Anda menyikat gigi. Menurut sebuah penelitian, berkumur dengan air setelah Anda menyikat gigi Anda itu terbukti benar-benar dapat mencegah Anda terkena sakit, atau setidaknya infeksi saluran pernapasan atas. Bahkan, itu adalah kebiasaan yang akan cukup banyak menguntungkan semua orang dan membantu mencegah banyak pilek. So, terima kasih ibu!

4. Minum susu akan membentuk tulang Anda. Apakah Anda tidak ingin tumbuh menjadi besar dan kuat? Meskipun ada banyak perdebatan baru tentang bagaimana susu yang efektif untuk membangun tulang, penelitian telah menunjukkan bahwa kombinasi kalsium dan protein dalam susu sangat efektif dalam membangun kekuatan tulang pada remaja dan orang-orang dengan degradasi tulang. Jadi saran ibu ada benarnya.

5. Makan yang rendah lemak untuk tetap fit dan sehat. Saran ibu yang ini harus Anda turuti, lemak adalah masalah yang besar. Sejak era 80-an, lemak telah menjadi setan yang menakutkan bagi setiap orang. Memang sangat baik untuk menghindari semua makanan yang berlemak, sebab lemak memiliki peran sangat penting dalam diet Anda. Ketika Anda membeli makanan "rendah lemak" yang dikemas atau makanan olahan, biasanya "terlalu banyak mengandung gula." Gula juga tidak baik untuk Anda. Produk dengan lemak gula merupakan langkah ke arah yang salah. Bahkan, banyak orang mengasosiasikan dengan lemak jenuh, sayangnya mereka tidak tahu bahwa itu sebenarnya 'lemak yang jahat,' dengan berisiko terhadap penyakit jantung dan obesitas. Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa tubuh Anda membutuhkan lemak jenuh, pastikan untuk menyertakan sumber lemak jenuh yang sehat seperti dari alpukat, kelapa, produk telur dan hewan yang diberi makan dengan rumput.

6. Minum 8 gelas air setiap hari. Percaya atau tidak, aturan persegi ini 8 porsi 8 ons sehari tidak sepenuhnya akurat. Kita semua memiliki ukuran dan massa yang berbeda, sehingga jumlah air yang Anda butuhkan per hari pun tidaklah sama untuk satu orang dan yang lainnya. Jika Anda berolahraga banyak, Anda mungkin membutuhkan lebih banyak air. Jika Anda makan banyak produk dan tidak banyak mengerahkan tubuh Anda, maka Anda mungkin baik-baik saja dengan kurang minum. Namun, apa yang paling penting adalah bahwa Anda harus mendapatkan apa yang Anda butuhkan, seperti air sangat penting bagi tubuh dan dapat membantu menjaga semuanya berfungsi dengan baik, biarkan tubuh Anda sendiri yang menginformasikan apa yang Anda butuhkan. Jadi 8 gelas sehari itu tidaklah mutlak.

7. Telur mengakibatkan kolesterol tinggi. Makan lemak tidak membuat Anda gemuk. Makan makanan berkolesterol tidak secara otomatis memberikan kolesterol tinggi. Maaf ibu, tapi Anda sedikit keliru dalam hal yang satu ini. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi tinggi telur (hingga satu per hari) tidak berpengaruh pada kadar kolesterol. Selain itu, telur penuh choline, yang sangat bagus untuk kesehatan otak, dan banyak mengandung lemak sehat serta protein untuk membantu kekuatan Anda melalui aktifitas seharian Anda. Kuning telur sama bermanfaatnya dengan putih telur. Jadi jangan takut, Anda tidak perlu menuruti saran ibu untuk yang satu ini.

"Apapun yang disarankan Ibu pasti adalah yang terbaik, namun kita juga harus mengetahui lebih banyak dari yang ibu ketahui"

Setiap orang memiliki pendapat yang berbeda tentang bagaimana, apa, dan kapan harus makan. Mana yang benar dan mitos, mungkin itu hanya ada dalam pandangan ibumu saja. Setidaknya carilah referensi lain dari sumber informasi yang dapat dipercaya, agar Anda tidak salah langkah.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

2 komentar:

  1. Saran ibu kepada seorang anak tentu tidak lepas dari kasih sayang seorang ibu kepada anak ya sob.

    BalasHapus
  2. Kalau diperhatikan memang saran ibu tentang kesehatan ada benarnya, mas...Faktanya hal itu sering kita buktikan...

    BalasHapus