Wow, Robot ini Pecahkan Rubik dalam 5 Detik


Jumat, 13 Maret 2015
Label:

[Sains Box] Robot ini sangat menakjubkan. Disaat saya sedang belajar memecahkan teka-teki kubus rubik yang lumayan bikin mumet otak, eh ternyata ada Robot Lego yang bisa memecahkannya hanya dalam waktu 5 detik saja. Luar biasa!

Robot yang diberi nama CubeStormer II ini adalah Robot pemecah kubus Rubik tercepat di dunia. Robot ini juga memecahkan rekor Guinness World Record diangka kecepatan 5.270 detik untuk Robot pemecah kubus Rubik tercepat pada bulan November 2011.

Wow, Robot ini Pecahkan Rubik dalam 5 Detik

Proyek pembuatan robot ini ditugaskan oleh ARM Holdings dan dirancang serta dibangun oleh Mike Dobson yang membangun robot Lego dan David Gilday yang menulis perangkat lunaknya. Robot ini menggunakan sebuah aplikasi kustom Android pada Samsung yang merekam gambar kubus pada ponsel dan menginstruksikan kepada robot Lego untuk memecahkannya sesuai perintah. Robot ini terbuat dari Lego Mindstorm NXT 4 kit. Tentunya sebuah robot Lego yang mengagumkan.

Baca Juga:

Aplikasi ini menggunakan kamera ponsel untuk mengambil gambar dari setiap sisi kubus Rubik dengan mengambil setiap posisi warna yang ada. Lalu, solusinya ditemukan dengan menggunakan algoritma dua-tahap lanjutan, awalnya dikembangkan untuk speedcuber, kemudian ditingkatkan menjadi multi-threaded. Untuk mengefektifkannya maka digunakanlah prosesor 1.2GHz ARM dual-core Cortex-A9 smartphone.

Perangkat lunak ini menemukan solusi efisien untuk teka-teki yang dioptimalkan khusus untuk kemampuan mekanisme empat grip. Aplikasi ini berkomunikasi melalui Bluetooth dengan perangkat lunak yang berjalan pada mikroprosesor ARM di LEGO NXT Smart Bricks yang mengontrol motor penggerak robot. Selama memecahkan fisik, aplikasi menggunakan OpenGL ES pada ARM Mali-400 MP GPU telepon untuk menampilkan versi grafis kubus dipecahkan secara real time.

Perangkat lunak ini dioptimalkan untuk kemampuan robot, sehingga menghitung urutan tercepat untuk robot, bukan jumlah minimum dalam bergerak. Rupanya faktor pembatas pada kecepatan adalah kekuatan motor. CubeStormer II dapat mengelola sekitar 5 langkah per detik, sedangkan manusia terbaik dapat mengelola 9 langkah per detik.

Robot ini tidak bekerja setiap waktu. Tapi itu merupakan prestasi yang mengesankan. Apalagi mengingat perangkat lunak ditulis oleh seorang insinyur hardware.

Penasaran ingin lihat video robot ini beraksi? Klik link dibawah ini:

LIHAT VIDEO

Jadi, mana yang lebih pintar, robot ataukah manusia?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar