7 Perkamen Ini Ungkap Sumber Legenda Raja Arthur dan Merlin


Tuesday, February 5, 2019
Labels: ,
Advertisement
[Sains Box] 7 Perkamen Ini Mengungkap Sumber Legenda Raja Arthur dan Merlin

Tujuh fragmen perkamen yang ditulis tangan telah ditemukan di arsip perpustakaan pusat Bristol. Konon katanya perkamen tersebut memiliki keterkaitan dengan kisah Raja Arthur. Sementara kisah Raja Arthur sendiri, sang Ksatria Meja Bundar dan petualangan mereka di Camelot memang telah menjadi tema yang akrab baik di film, buku, dan acara televisi selama bertahun-tahun. Sayangnya, asal-usul sejarah legenda dan peristiwa mereka di kehidupan nyata yang menjadi dasarnya telah lama tetap menjadi topik perdebatan akademis. Apakah kisah mereka itu nyata atau tidak?

Kini, satu lagi teka-teki telah secara tak terduga ditemukan dalam arsip di Bristol.

Baca Juga:

7 Perkamen Ini Mengungkap Sumber Legenda Raja Arthur dan Merlin

Menurut para peneliti, fragmen perkamen yang ditulis dalam bahasa Prancis Kuno dan menceritakan kisah Pertempuran Trebes, ditemukan di dalam volume yang tidak berhubungan oleh seorang sarjana Prancis abad ke-15.

Dipercayai bahwa versi khusus dari cerita ini, menggambarkan bagaimana Merlin mengumpulkan pasukan sambil memegang tongkat naga ajaib yang menghembuskan api, mungkin telah berfungsi sebagai sumber inspirasi bagi Sir Thomas Malory untuk menciptakan karyanya yang terkenal di tahun 1485 yaitu Le Morte D'Arthur.

7 Perkamen Ini Mengungkap Sumber Legenda Raja Arthur dan Merlin
Salah satu perkamen menuliskan tentang Merlin
___________________________________________

"Waktu dan penelitian akan mengungkapkan rahasia lebih lanjut tentang legenda Arthur, Merlin dan fakta penting lainnya yang mungkin dimiliki oleh fragmen-fragmen ini," kata Dr Leah Tether dari International Arthurian Society.

"Barat daya Inggris dan Wales, tentu saja, terkait erat dengan banyak lokasi yang menjadi terkenal oleh legenda Arthurian, jadi semuanya lebih istimewa untuk menemukan fragmen awal legenda - di sini di Bristol."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

6 comments:

  1. Wahhh bukunya keliatan sudah lama banget yaa, raja itu juga sampe masuk ke film film cuy

    ReplyDelete
    Replies
    1. terang aja sob, itu kan buku tua dari abad ke-15

      Delete
  2. Bisa jadi ini bukan sekadar legenda? Arthur dan Merlin? Karena Arthur mendapat pedangnya dari Merlin ... Hmmmm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah loh, kalo bukan legenda, berarti Transformer jg nyata donk, karena tongkat sihir Merlin dikasih dari Transformers... :D

      Delete
  3. Mungkin bisa saja nyata, bisa juga tidak. Apakah ini seperti legenda2 tanah air dimana mereka yang kini mengalami ketiadaan karena moksa dsb?

    Itu pentingnya sejarah diciptakan tk hny diciptakan tp meninggalkan sesuatu yg otentik dlm rupa apapun. Sehingga tdk ad yg main klaim dg mencampuradukan isi kepala yg fiksi seakan-akan nyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali, untuk menguak nyata atau tdknya, ya tetap kita memerlukan 'bukti sejarah' seperti peninggalan2 kuno dan sebagainya, salah satunya buku tersebut diatas yg menjadi bagian kcl utk menguak kebenarannya.

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.