T. Rex Berbadan Besar, Mampu Berbalik Tubuh Dengan Cepat


Sabtu, 10 November 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Meski T. Rex Berbadan Besar, Mampu Berbalik Tubuh Dengan Cepat

Tyrannosaurus rex adalah salah satu predator yang paling ganas yang pernah berjalan di muka Bumi ini. Sementara tidak ada yang menyangkal kekuatan destruktif dari giginya yang tajam, kecepatan dan fleksibilitasnya secara keseluruhan, terutama mengingat ukuran tubuhnya yang sangat besar, sehingga hal ini sering menjadi topik perdebatan di kalangan para ilmuwan. Benarkah bahwa T. Rex itu memiliki gerakan yang gesit?

Belum lama ini, sebuah penelitian baru tampaknya telah menjawab pertanyaan itu. Temuan ini telah menyangkal gagasan tentang T. rex yang gerakannya lambat dan kikuk, dan melukiskan bahwa pemangsa era Cretacious ini sebagai pemangsa yang sangat efisien bergerak, berputar dan membalikkan tubuhnya dengan cepat layaknya seseorang yang bermain skater. Wow!

Baca Juga:

Meski T. Rex Berbadan Besar, Mampu Berbalik Tubuh Dengan Cepat

Penelitian ini melibatkan perhitungan 'indeks akselerasi balik' untuk berbagai dinosaurus terapis berdasarkan temuan paling terkini pada massa otot dinosaurus dan jaringan lunaknya.

Luar biasa, meskipun ukurannya besar, Tyrannosaurs rex selalu tampak lebih menonjol.

"Tidak peduli apa ukuran tubuh mereka, tyrannosaurus selalu tampak mampu membalikkan tubuh mereka dua kali lebih cepat daripada dinosaurus karnivora lainnya dari massa yang sama," kata Profesor Eric Snively.

Ini akan membuat T. Rex sangat mampu dengan cepat berputar dan menerkam mangsanya yang ada di belakang.

Meski T. Rex Berbadan Besar, Mampu Berbalik Tubuh Dengan Cepat

"T. rex dewasa bisa berubah seperti gerak lambat 10-ton 'figure skater from hell'," kata Snively.

"Tyyrannosaurus remaja jauh lebih menakutkan. Kemampuan berbalik mereka menunjukkan bahwa tyrannosaurus dapat dengan sukses menyerang mangsa yang lebih kecil, lebih muda dan / atau lebih berbahaya daripada dinosaurus karnivora lain yang akan lebih kerepotan mengatasinya."

Wah, kalo begitu, jika T. rex saat ini masih ada, pasti sudah habis populasi manusia. Tentu jika manusia tidak melawannya pakai senjata. ^_^

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. Makanya Tyrex itu ditakuti ya karena udah ganas, raksasa begitu, tapi lincaaaaah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia, salut ama kelincahannya, kalo manusia yg berbadan gede dan lincah ada gak ya, hehe... :D

      Hapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.