Terungkap, T. rex Ternyata Tidak Bisa Menjulurkan Lidahnya


Jumat, 22 Juni 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Terungkap, Tyrannosaurus rex Ternyata Tidak Bisa Menjulurkan Lidahnya

Siapa yang tidak mengenal T. Rex? Bagi penggemar dunia dinosaurus tentu sudah tidak asing lagi dengan karnivora terganas yang satu ini. Dinosaurus berbadan besar ini memang menjadi ikonik bagi dinosaurus yang paling kejam. Nah, belum lama ini para peneliti telah berhasil mengungkap salah satu rahasia T. Rex yang selama ini baru diketahui. Apakah itu?

Meskipun banyak penggambaran film tentang kadal yang seringkali memainkan lidahnya melambai ke arah mangsa di depannya, namun para ilmuwan kini baru menyadari jika ternyata ada satu hal yang Tyrannosaurus rex tidak bisa lakukan, dan itu adalah menjulurkan lidahnya sendiri.

Baca Juga:

Tyrannosaurus rex Ternyata Tidak Bisa Menjulurkan Lidahnya

Penemuan ini dilakukan oleh paleontology bernama Julia Clarke dari University of Texas di Austin dan rekan-rekannya yang melihat sisa-sisa fosil dari struktur tulang yang ditemukan di mulut dinosaurus.

Dari temuan itu menunjukkan bahwa sebagian besar dinosaurus memiliki struktur mulut yang mirip dengan buaya dan buaya saat ini memiliki lidah yang tertancap kuat ke dasar mulut mereka.

Hal ini menunjukkan bahwa T. rex bahkan tidak akan bisa menggoyangkan lidahnya sama sekali, apalagi menjulurkannya.

Tyrannosaurus rex Ternyata Tidak Bisa Menjulurkan Lidahnya

"Ternyata kebanyakan dinosaurus memiliki tulang hyoid yang sangat sederhana seperti buaya modern, yang menjangkar lidahnya merekat ke dasar mulut," kata paleontology, Stephen Brusatte.

"Sepupu T. rex yang disebut Yutyrannus memiliki jenis tulang hyoid, seperti yang dimiliki hampir semua dinosaurus lainnya, jadi masuk akal untuk menyimpulkan bahwa T. rex juga demikian. Gambaran T. rex di film Jurassic Park yang menjulurkan lidahnya keluar seperti kadal ketika bersiap untuk melahap mangsanya mungkin salah."

T. rex tidak bisa menjulurkan lidahnya seperti kadal.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar