DNA Panda Tertua Terungkap di Fosil Berusia 22 Ribu Tahun


Kamis, 21 Juni 2018
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] DNA Panda Tertua Berhasil Terungkap Di Fosil Berusia 22 Ribu Tahun

Para peneliti telah berhasil mengidentifikasi panda tertua berdasarkan DNA yang diambil dari tulang rahang kuno berusia 22.000 tahun. Penemuan luar biasa ini awalnya dilakukan pada tahun 2014 ketika palaeoanthropologist bernama Yingqi Zhang dan koleganya menjelajahi sebuah lubang pembuangan di Provinsi Guangxi, Tiongkok Selatan.

Tujuan awal mereka adalah berusaha menemukan fosil milik Gigantopithecus, yaitu spesies primata terbesar yang pernah berjalan di muka Bumi, akan tetapi mereka justru malah menemukan rahang bawah berusia 22.000 tahun dari panda kuno.

Baca Juga:

DNA Panda Tertua Berhasil Terungkap Di Fosil Berusia 22 Ribu Tahun

Di dalam fosil itu, para ilmuwan kemudian dapat mengambil DNA panda tertua yang tercatat.

Temuan menunjukkan bahwa panda prasejarah ini milik garis keturunan yang sebelumnya tidak diketahui yang terpisah dari panda raksasa lainnya sekitar 183.000 tahun yang lalu.

Dipercaya bahwa mamalia yang telah lama hilang ini mungkin telah beradaptasi dengan baik untuk hidup di habitat subtropisnya, menunjukkan bahwa panda secara umum dulu jauh lebih beragam daripada sekarang.

DNA Panda Tertua Berhasil Terungkap Di Fosil Berusia 22 Ribu Tahun
Fosil rahang panda purba
_________________________

Langkah berikutnya dalam penelitian, akan melibatkan penggalian inti atom genom lengkap dari fosil tersebut, sehingga dapat memberi tahu kita lebih banyak tentang spesies ini dan bahkan dapat mengungkapkan apa yang tampak seperti panda purba ini.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar