Diamene, Material Tipis Lebih Kuat Dari Baja Terkuat


Rabu, 27 Desember 2017
Label:
Advertisement
[Sains Box] Diamene, Material Tipis Lebih Kuat Dari Baja Terkuat

Belum lama ini, periset telah menggunakan graphene untuk membuat material ultra ringan namun juga antipeluru. Dikembangkan oleh para ilmuwan di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan Universitas Tinggi New York, materi baru setipis lembaran aluminium foil ini akan menjadi kaku saat sebuah gaya mengenainya.

Dikenal sebagai diamene, materialnya terdiri dari dua lembar graphene, yaitu bahan ajaib yang baru-baru ini dikembangkan, dimana bahan ini memiliki sampai 200 kali lebih kuat dari pada baja terkuat sekalipun. Wow!

Baca Juga:

Diamene, Material Tipis Lebih Kuat Dari Baja Terkuat

"Bayangkan sebuah bahan yang fleksibel dan ringan seperti foil yang menjadi kaku dan cukup keras untuk menghentikan benturan peluru," tulis pusat penelitian tersebut dalam sebuah pernyataan.

"Dalam sebuah makalah yang baru diterbitkan di Nature Nanotechnology, para peneliti di The City University of New York (CUNY) menggambarkan sebuah proses untuk menciptakan diamene: lembaran graphene fleksibel dan berlapis yang sementara menjadi lebih sulit daripada berlian dan tidak dapat ditembus oleh peluru."

Jika pembuatan diamene menjadi cukup terjangkau, maka tidak sulit membayangkan bagaimana cara membantu menyelamatkan ribuan nyawa, terutama tentara dan petugas polisi.

Materi ini juga bisa terbukti tak ternilai dalam industri penerbangan dan antariksa.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.