Kungkang Prasejarah Raksasa digali di Metro Los Angeles


Minggu, 04 Juni 2017
Label:
Advertisement
[Sains Box] Penggalian baru-baru ini di jantung kota Los Angeles telah menghasilkan bukti fosil binatang prasejarah raksasa. Penemuan yang dilakukan saat penggalian untuk proyek transit baru tersebut, telah menemukan tulang femur dari hewan yang bernama kungkang raksasa Harlan (seekor mamalia yang menjelajahi lembah Los Angeles 11.000 tahun yang lalu) dan tulang kaki dari bison.

Fosil tersebut ditemukan di tanah liat berpasir sekitar 5 kaki di bawah Crenshaw Boulevard.

Baca Juga:

"Fosil secara berkala ditemukan saat penggalian karena konstruksi di daerah LA," kata Gary Takeuchi, manajer koleksi di La Brea Tar Pits and Museum. "Fosil ini mungkin tidak akan ditemukan jika bukan karena konstruksi ini yang menggalinya."

Kungkang Prasejarah Raksasa digali di Metro Los Angeles

Ini bukan pertama kalinya fosil prasejarah tetap ditemukan selama penggalian.

Kembali pada bulan April yang lalu, pembangunan sebuah kereta bawah tanah di dekat La Brea Tar Pits juga harus dihentikan sehingga ahli paleontologi dapat mengekstrak tulang raksasa mammoth dan unta.

Tumpukan tulang raksasa lainnya juga ditemukan di daerah yang sama pada bulan Desember 2016.

“Fosil milik bison adalah bagian dari kaki depan, sementara fosil kungkang adalah fragmen kepala femur. Dalam foto yang menunjukkan temuan baru yang berada di sebelah tulang lengkap dari hewan yang sama, fosil kasar dan terfragmentasi tidak terlihat banyak. Tapi mata ahli paleontologi yang terlatih dapat dengan cepat memecahkan bagian binatang dan tubuh mana dari fosil tersebut,” jelas Takeuchi.

Kungkang Prasejarah Raksasa digali di Metro Los Angeles

"Bentuk dan ukuran ujung tulang panjang bisa memberi tahu Anda unsur apa di tubuh dan milik binatang apakah itu," katanya melalui email. "Anda tidak memerlukan tulang atau hewan lengkap untuk mengidentifikasinya."

Untuk saat ini, penemuan baru akan tetap bersama para ahli di Paleo Solutions, sebuah perusahaan yang membantu dalam penghapusan dan pelestarian artefak paleontologis dan arkeologi dan benda-benda yang ditemukan di lokasi konstruksi. Pada waktunya, fosil tersebut akan menemukan rumah dengan fosil zaman es lainnya, mungkin di Natural History Museum of Los Angeles County.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. meski hanya tukang tetap saja sangat bermanfaat ya untuk ilmu pengetahuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mang Abdul salah baca yee... bukan tukang Mang, tp Kangkung... ups... salah lg, Kungkang yg bnr tuh... itu tuh semacam hewan langka, yg mukanya seperti org memelas.

      Hapus