Fosil Tengkorak Manusia Purba ditemukan di Portugal


Kamis, 16 Maret 2017
Label:
Advertisement
[Sains Box] Fosil tengkorak berusia 400.000 tahun telah dipuji sebagai penemuan tertua dari jenisnya di negeri ini. Fosil tersebut merupakan fosil manusia barat yang pernah ditemukan di Eropa dari periode ini dalam sejarah, tempurung kepala itu ditemukan di gua Portugal dari Aroeira bersama koleksi alat-alat batu prasejarah.

Fosil tersebut ditemukan oleh tim peneliti internasional yang diarahkan oleh arkeolog Portugis, Joao Zilhão.

"Ini adalah penemuan fosil baru yang menarik dari Semenanjung Iberia, wilayah penting untuk memahami asal-usul dan evolusi manusia Neanderthal," kata antropolog Rolf Quam.

Fosil Tengkorak Manusia Purba ditemukan di Portugal

Baca Juga:

"Tempurung Aroeira adalah fosil manusia tertua yang pernah ditemukan di Portugal dan berbagi beberapa fitur dengan fosil lain dari periode waktu yang sama di Spanyol, Prancis dan Italia."

"Tengkorak Aroeria ini meningkatkan keragaman anatomis dalam catatan fosil manusia dari periode ini, menunjukkan populasi yang berbeda dengan kombinasi yang agak berbeda dari fitur."

Tengkorak itu sebenarnya ditemukan pada hari terakhir di lapangan tahun 2014. Karena sedimen yang mengandung tengkorak di situs Aroeira mengandung semen yang kuat, tempurung kepala itu di keluarkan dari situs dalam potongan besar blok yang solid. Kemudian diangkut ke laboratorium restorasi di Centro de Investigacion sobre la Evolucion y Comportamiento Humanos, sebuah pusat penelitian paleoantropologi di Madrid, Spanyol, untuk persiapan dan ekstraksi, proses melelahkan yang memakan waktu dua tahun.

Fosil Tengkorak Manusia Purba ditemukan di Portugal

"Saya telah mempelajari situs-situs tersebut selama 30 tahun terakhir dan kami telah mencatat data arkeologi banyak yang penting, tapi penemuan tengkorak manusia kuno ini adalah momen yang sangat spesial," kata Zilhão.

Fosil baru ini akan membentuk pusat dari sebuah pameran di evolusi manusia pada bulan Oktober di Museu Nacional de Arqueologia di Lisbon, Portugal.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar