Ilmuwan Hidupkan Kembali Mikroba Berusia 10.000 Tahun


Minggu, 19 Februari 2017
Label:

[Sains Box] Dalam sebuah terobosan yang luar biasa, mikroba yang terperangkap di dalam gua kristal telah dibawa kembali ke kehidupan. Organisme yang ditemukan terbungkus dalam poros dari gipsum dalam gua gunung Naica Meksiko, yaitu tempat yang telah menjadi identik dengan studi tentang kehidupan di lingkungan yang ekstrim ini akan menjadi objek yang menarik untuk dipelajari.

Setelah penggalian mikroba dari dalam kristal, ilmuwan akan benar-benar mampu menghidupkan kembali mereka meskipun faktanya bahwa mereka telah terjebak di sana selama antara 10.000 dan 50.000 tahun.

Ilmuwan Hidupkan Kembali Mikroba Berusia 10.000 Tahun

Baca Juga:

"Orang lain telah membuat klaim jangka panjang untuk organisme kuno ini yang masih hidup, namun dalam kasus ini organisme ini semuanya sangat luar biasa, mereka tidak berhubungan sangat erat dengan apa pun di database genetik yang diketahui," kata Dr Penelope Boston.

Gua gunung Naica adalah salah satu lingkungan yang paling bermusuhan di Bumi. Gua tersebut ditemukan oleh penambang sekitar 100 tahun yang lalu. Gua terletak jauh di bawah pegunungan kapur. Apa pun yang mencoba untuk bertahan hidup di sana harus berurusan dengan kegelapan permanen, suhu yang menyesakkan dan tingkat keasaman yang tinggi.

Ilmuwan Hidupkan Kembali Mikroba Berusia 10.000 Tahun

Ilmuwan Hidupkan Kembali Mikroba Berusia 10.000 Tahun

Namun faktanya bahwa mikroba kuno tersebut dapat pulih dari gua dan dihidupkan kembali bahkan setelah puluhan ribu tahun lamanya, ini menunjukkan betapa mikroba tersebut sangat tangguh untuk tetap bertahan hidup. Luar biasa!

Ini adalah demonstrasi lain dari kemampuan kehidupan untuk beradaptasi dan mengatasi lingkungan yang paling bermusuhan sekalipun.

Direktur baru NASA Astrobiology Institute di Moffett Field, California, akan menjelaskan temuannya pada pertemuan tahunan Asosiasi Amerika untuk Kemajuan Sains (AAAS / the American Association for the Advancement of Science).

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(bbc)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar