Robot Kecil Ini Bisa Lakukan Misi Dalam Tubuh Manusia


Sabtu, 14 Mei 2016
Label:
Advertisement
[Sains Box] Para ilmuwan telah memperkenalkan sebuah robot kecil yang bisa merevolusi pengobatan sistem pencernaan di dalam tubuh. Dikembangkan oleh tim peneliti internasional dari Massachusetts Institute of Technology, Sheffield University dan Tokyo Institute of Technology, robot kecil yang hebat ini diberi nama 'Robot Origami'. Ia dapat ditelan dalam pil yang terbuat dari es, kemudian membuka di dalam perut ketika es mencair.

Selama uji coba terbaru yang dilakukan di dalam perut tiruan, robot ini digunakan untuk mengusir dan memindahkan benda asing melalui mekanisme kontrol eksternal yang bekerja menggunakan medan magnet.

Robot Kecil Ini Bisa Lakukan Misi Dalam Tubuh Manusia

Baca Juga:

Teknologi ini bisa dibuktikan sangat berharga dalam membantu pasien, terutama anak kecil, yang seringkali tanpa sengaja menelan baterai, sesuatu yang kerap terjadi 3.500 kali dalam setahun di Amerika Serikat.

Cara ini juga sangat mungkin diterapkan untuk tujuan lainnya sebagai perangkat dalam melakukan layanan yang bermanfaat lainnya seperti pemberian obat atau melakukan prosedur bedah di daerah yang tidak dapat diakses.

"Ini benar-benar menarik, melihat robot origami kecil kami dapat melakukan sesuatu dengan potensi aplikasi penting bagi kesehatan," kata Profesor Daniela Rus dari MIT.

Robot Kecil Ini Bisa Lakukan Misi Dalam Tubuh Manusia

Robot Kecil Ini Bisa Lakukan Misi Dalam Tubuh Manusia

"Untuk aplikasi di dalam tubuh, kita memang membutuhkan sesuatu yang kecil, terkontrol, atau sistem robot kecil yang tidak mudah terhambat."

Kita lihat aksinya dalam perut buatan di video berikut ini:

VIDEO ROBOT ORIGAMI

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

1 komentar: