Gelombang Gravitasi Einstein Terlihat dari Lubang Hitam


Jumat, 12 Februari 2016
Label: , ,
Advertisement
[Sains Box] Gelombang Gravitasi Einstein Terlihat dari Lubang Hitam

Penemuan paling penting ini kemungkinan akan mengantar era baru astronomi selama beberapa dekade mendatang. Rumor terbaru tentang deteksi yang pertama dari gelombang gravitasi telah berubah menjadi kenyataan. Ilmuwan telah mengumumkan salah satu penemuan astronomi yang paling signifikan dalam beberapa tahun ini.

Para peneliti di Advanced Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory (LIGO) telah mengungkap bahwa mereka untuk pertama kalinya mengamati warping ruang-waktu yang dihasilkan oleh tabrakan antara dua lubang hitam yang terletak lebih dari satu miliar tahun cahaya dari Bumi.

Gelombang Gravitasi Einstein Terlihat dari Lubang Hitam

Baca Juga:

"Kami telah mendeteksi gelombang gravitasi," kata direktur eksekutif LIGO, David Reitze. "Ini untuk pertama kalinya alam semesta telah berbicara kepada kita melalui gelombang gravitasi. Sampai sekarang, ternyata kami sudah tuli."

Gelombang gravitasi pertama kali diungkapkan oleh Albert Einstein sebagai konsekuensi dari Teori Umum Relativitas pada tahun 1916, gelombang gravitasi merupakan riak dalam struktur ruang-waktu yang membawa energi di seluruh alam semesta.

"Ini adalah deteksi langsung pertama dari gelombang gravitasi, deteksi itu didapatkan langsung dari lubang hitam dan itu adalah konfirmasi dari Relativitas Umum karena milik lubang hitam persis dengan apa yang diprediksi oleh Einstein 100 tahun yang lalu," kata Prof Karsten Danzmann.

"Sudah pasti, ada Hadiah Nobel untuk penemuan ini."

Gelombang Gravitasi Einstein Terlihat dari Lubang Hitam

Gelombang Gravitasi Einstein Terlihat dari Lubang Hitam

"Ini memberikan cara yang sama sekali baru dalam memandang alam semesta." kata Prof Stephen Hawking.

Luar biasa, apakah Teori Einstein sebenarnya bukanlah sekedar teori belaka?? Beberapa tahun ke depan mungkin para ilmuwan akan lebih mengungkap kebenarannya.

VIDEO GELOMBANG GRAVITASI

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(BBC)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar