Misteri Ilmiah 300 Tahun Mengenai Bakteri Terungkap


Kamis, 11 Februari 2016
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Para ilmuwan telah mengungkapkan bahwa bakteri tidaklah berbeda dengan kita, sebab mereka juga ternyata memiliki indera yang peka cahaya. Organisme mikroskopis ini, memang diketahui dapat ditemukan di mana-mana, namun ada satu hal yang telah menjadi misteri ilmiah hingga 300 tahun lamanya kini mulai terpecahkan.

Sebelumnya para ilmuwan banyak yang bertanya-tanya, bagaimana bisa organisme yang bergantung pada sinar matahari ini dapat bertahan hidup dan tahu di mana mencarinya jika tidak memiliki mata apapun?

Misteri Ilmiah 300 Tahun Mengenai Bakteri Kini Terungkap

Baca Juga:

Kini, jawaban atas pertanyaan yang menjadi misteri hingga ratusan tahun itu pun ditemukan. Jawabannya, ternyata, adalah bahwa bakteri dapat melihat dengan memutar seluruh tubuh mereka layaknya sebuah lensa kamera yang mampu memfokuskan sinar matahari ke tempat tertentu.

Temuan ini membandingkan dengan pengamatan sebelumnya menunjukkan bahwa bakteri dapat mengubah posisinya ke arah sumber cahaya dan menyesuaikan diri menuju ke arah itu.

"Pendapat mengenai bakteri yang dapat melihat dunia mereka di dasarkan dengan cara yang sama yang kita lakukan adalah cukup menarik," kata pemimpin peneliti, Profesor Conrad Mullineaux. "Menurut pengamatan kami, bakteri seperti benda optik, dimana ia cukup jelas dapat melihat tidak seperti yang kita duga sebelumnya, tapi kami tidak pernah memikirkan hal itu sampai kita benar-benar melihatnya."

"Dan tidak ada orang lain yang melihat itu sebelumnya, meskipun fakta bahwa para ilmuwan telah melihat bakteri di bawah mikroskop selama 340 tahun terakhir."

Luar biasa!!

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

1 komentar:

  1. sangat keren kemajuan teknologi ya mang..virus umur 300 tahun aja bisa diungkap.

    BalasHapus