Fosil Dinosaurus 'Naga Pencuri' ditemukan di Pantai Welsh


Jumat, 22 Januari 2016
Label:

[Sains Box] Sebuah fosil milik salah satu spesies tertua dari dinosaurus Jurassic telah ditemukan di Wales. Ditemukan oleh para peneliti dari Universitas Manchester dan Portsmouth, spesies baru ini diyakini berusia lebih dari 200 juta tahun yang lalu dari masa awal era Jurassic dan merupakan salah satu spesimen dinosaurus Jurassic tertua yang pernah ditemukan.

Spesies ini bernama Dracoraptor hanigani, yang berarti 'naga pencuri', spesies ini konon menjadi inspirasi pada kehidupan nyata yaitu menjadi simbol nasional Wales, Naga.

Fosil Dinosaurus Naga Pencuri ditemukan di Pantai Welsh
Dracoraptor. Image Credit: HombreDHojalata

Baca Juga:

"Peristiwa kepunahan jaman Triassic-Jurassic sering dikreditkan untuk keberhasilan dinosaurus melalui masa Jurassic dan Cretaceous, tapi sebelumnya kita hanya tahu sedikit tentang dinosaurus pada awal diversifikasi ini," kata rekan penulis studi Steven Vidovic.

Spesimen yang ditemukan ini termasuk spesies baru keempat yang telah ditemukan di Inggris sejak tahun 1980, dan diyakini sebagai theropoda pemakan daging karena ukurannya yang kecil, mungkin ia masih remaja.

Fosil Dinosaurus Naga Pencuri ditemukan di Pantai Welsh

"Faktanya bahwa fosil itu berasal dari masa paling awal Periode Jurassic, ketika dinosaurus theropoda sedang berkembang pesat, sehingga membuatnya lebih berharga bagi ilmu pengetahuan, dan mudah-mudahan akan memberitahu kita lebih banyak tentang evolusi dinosaurus pada saat ini," kata dosen Universitas Manchester dan rekan penulis Dr John Nudds.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar