Empat Elemen Baru Ditambahkan ke Tabel Periodik


Selasa, 05 Januari 2016
Label: ,

[Sains Box] Buku teks ilmu pengetahuan di seluruh dunia telah menjadi usang berkat penambahan empat elemen baru. Setelah diverifikasi oleh International Union of Pure and Applied Chemistry pada tanggal 30 Desember 2015, ada empat unsur yang belum diberi nama yaitu 113, 115, 117 dan 118 kini telah resmi ditambahkan ke dalam tabel periodik elemen mengingat adanya penemuan unsur tersebut oleh tim di Jepang, Rusia dan Amerika Serikat.

Empat Elemen Baru Ditambahkan ke Tabel Periodik
Gambar: Kosuke Morita, pemimpin tim Riken, berpose dengan papan yang menampilkan unsur atom baru 113 saat konferensi pers di Wako, prefektur Saitama pada 31 Desember 2015.

Baca Juga:

Tak satu pun dari penerimaan unsur baru terjadi secara alami tetapi muncul untuk sepersekian detik dalam peluruhan radioaktif yang terjadi setelah unsur ringan membanting satu sama lain.

Tim masih perlu memberikan nama resmi untuk penemuan mereka, tetapi untuk saat ini mereka dikenal hanya dengan nomor elemen mereka saja misalnya 113 disebut 'ununtrium' yang berarti '113-ium'.

Ryoji Noyori, mantan presiden lembaga Jepang yang menemukan unsur 113, telah menyatakan bahwa keputusan untuk menambahkannya ke tabel periodik "adalah nilainya yang lebih besar dari medali emas Olimpiade."

Yuk kita lihat cuplikan videonya:

VIDEO ELEMEN BARU

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

1 komentar: