Aneh, Pohon Yew Berusia 5.000 Tahun ini Ganti Kelamin


Minggu, 08 November 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Sebuah fenomena unik namun aneh terjadi di dunia botani. Satu-satunya pohon Yew yang diperkirakan paling tertua di dunia yang ada di Eropa memang telah lama dianggap sebagai pohon Yew berjenis kelamin laki-laki. Hal ini didasarkan pada pohon tersebut yang tidak pernah berbuah hanya menghasilkan serbuk sari saja.

Pohon yang terletak di Perthshire, Skotlandia ini merupakan pohon kuno yang berusia 5.000 tahun yang masih bertahan hidup hingga saat ini.

Aneh, Pohon Yew Berusia 5.000 Tahun ini Ganti Kelamin
sumber gambar

Baca Juga:

Seorang ahli botani Royal Botanic Garden di Edinburgh telah melaporkan bahwa pohon tersebut saat ini sudah mulai transisi dengan tumbuhnya cabang lain yang diperkirakan berjenis kelamin perempuan, sebab ditemukannya buah di cabang pohon tersebut.

"Ini adalah kejadian yang langka ... langka dan tidak biasa serta tidak sepenuhnya mudah untuk dipahami," kata ahli botani Max Coleman.

"Diperkirakan bahwa telah ada pergeseran keseimbangan senyawa hormon yang menyebabkan pohon tersebut berganti kelamin. Salah satu hal yang mungkin sebagai pemicunya adalah stres lingkungan."

Untungnya, pohon yang berusia ribuan tahun bahkan mungkin mendahului piramida Giza, tampaknya tidak menderita sakit apapun, dan malah sebaliknya masih sehat meskipun umurnya sudah paling tertua diantara pohon lainnya di Bumi ini.

Aneh, Pohon Yew Berusia 5.000 Tahun ini Ganti Kelamin
sumber gambar

Beberapa benih (buah yang berwarna merah) mulai terlihat pada cabang barunya, yang kini telah dikumpulkan dan ahli botani berencana untuk menanam mereka di kebun untuk membantu "melestarikan keanekaragaman genetik pohon yew” tersebut.

Luar biasa sekali, apakah ini suatu alasan pohon tersebut ingin melanjutkan generasinya?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(aol)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar