Penyebab dan Solusi Alami Mengatasi Kaki Bau


Selasa, 21 Juli 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Tidak sedikit dari orang-orang di dunia yang memiliki masalah pada kaki mereka yang mengeluarkan bau tidak sedap. Tentu saja hal ini bisa memberikan dampak yang cukup serius. Mulai dari kesehatan hingga hilangnya kepercayaan diri.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa orang-orang di seluruh dunia lebih menyukai bau jeruk dan wangi bunga. Berlawanan dengan itu tentu saja semua orang tidak akan menyukai bau yang kurang menyenangkan. Bahkan seringkali, bau yang tidak menyenangkan tersebut dikaitkan dengan banyak hal, diantaranya kurang menjaga kebersihan, gaya hidup makanan yang tidak terjaga, dan lain-lain. Yang mana hal itu akan berpengaruh besar pada lingkungan kehidupan kita. Bayangkan saja jika kita sedang berkumpul bersama teman-teman, lalu kaki kita mengeluarkan bau yang tak sedap. Apa yang terjadi? Pikirkan sendiri.

Meskipun kaki yang berbau belum tentu berbahaya, yang membuat mereka berbau busuk adalah berasal dari keluarga organisme yang memiliki pangsa karakter berbahaya yaitu bakteri.

Penyebab dan Solusi Alami Mengatasi Kaki Bau

Baca Juga:

Berlawanan dengan kepercayaan populer, sebenarnya bukan keringat yang membuat kaki kita bau; meskipun itu adalah bagian dari tubuh yang berkeringat di mana bau terjadi, namun kaki adalah salah satu tempat yang berkeringat, dan mengingat bahwa kita umumnya menjaga kaki dengan terbalut sepatu dan kaus kaki, maka hal ini menyebabkan kaki menjadi lingkungan yang sempurna di mana bakteri tumbuh subur, sebab kaki menjadi tempat yang hangat dan lembab dengan pasokan yang cukup oksigen dan nutrisi (dalam bentuk kulit mati). Ketika semua bagian berada di satu tempat, bakteri melakukan berbagai hal, mulai dari memancarkan gas, dan voila, serta bau. Pada dasarnya, bau kaki berasal dari gas bakteri dan produk sampingan lainnya, yaitu:
  • Asam propanoat: Produk dari bakteri propianibacterium yang makan asam amino dalam keringat. Ini memiliki bau khas asam.
  • Methanethiol: Produk dari bakteri Brevibacterium yang makan sel-sel kulit mati; baunya seperti sulfur dan keju Limburger.
  • Asam isovaleric: Produk dari bakteri epidermis staphylococcus yang makan sel-sel kulit mati;
Lalu, bagaimana cara mengatasinya?
Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bau kaki.

1. Berendam dalam air garam
Tambahkan 1/2 sampai 1 cangkir garam kosher ke dalam air hangat dan rendam kaki Anda selama 20 menit setiap hari selama dua minggu.

2. Melawan asam dengan asam
Lakukan perlawanan terhadap bakteri di kaki Anda dengan merendamnya dalam campuran satu bagian cuka dengan dua bagian air di bak; rendam kaki selama setengah jam setiap minggu.

3. Batu apung
Gunakan/gosok pakai batu apung secara teratur untuk menghilangkan kulit mati.

4. Cobalah dengan teh
Teh dikatakan dapat mengurangi keringat dengan menutup pori-pori dan juga bertindak sebagai antibiotik. Buat tonik dengan merebus dua kantong teh hitam dalam setengah liter air selama 15 menit. Tambahkan ke bak air dingin dan rendam setiap hari selama 30 menit selama seminggu.

5. Hindari sepatu yang basah
Bila Anda melepas sepatu Anda, pastikan agar udara dalam sepatu Anda dapat keluar dan menjadikannya kering. Tambahkan beberapa tepung jagung sebelum Anda memakainya lagi untuk membantu menyerap kelembaban; sedikit baking soda juga dapat membantu untuk menyerap bau.

6. Gunakan kaus kaki yang masuk akal
Gunakan kaus kaki segar setiap hari dan pastikan mereka adalah 100 persen katun atau bisa membuat kaki bernapas, bahan alami lainnya yang akan memudahkan untuk menghilangkan kelembaban kaki.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. nah ini nih yang banyak dicari,palagi kan kalo kerja kantoran pasti memakai sepatu tiap hari dan biasanya ganti kaos kaki seminggu sekali :D
    jadi ga bau kalo pake cara ini mah..
    mohon maaf lahir batin buat adminnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul itu sob, hehe, kaos kaki ampe seminggu ngebayangin gimna baunya tu, haha... :D
      oya, mohon mf lahir batin jg sob... mudik gak nih?

      Hapus