Makhluk Laut Prasejarah Misterius dan Aneh


Jumat, 26 Juni 2015
Label:

[Sains Box] Fosil makhluk laut yang runcing ini berusia 508 juta tahun, karena bentuknya yang terlihat begitu aneh, para ilmuwan memutuskan untuk memberinya nama Hallucigenia. Hallucigenia, ditemukan pada tahun 1970 di situs Burgess Shale tepatnya di Pegunungan Rocky, Kanada. Makhluk aneh ini tampak seperti cacing, tapi selama bertahun-tahun makhluk ini masih diselimuti misteri.

Meskipun hanya memiliki ukuran panjang dua inci saja, makhluk aneh ini memiliki fitur yang tidak biasa, termasuk tujuh pasang paku paku yang terletak seperti di punggungnya dan tiga pasang kurus tentakel dekat kepalanya, melihat hal itu dianggap sebagai bentuk keanehan.

Makhluk Laut Prasejarah Misterius dan Aneh

Baca Juga:

Namun, berkat pemeriksaan terbaru yang lebih mendalam dari fosil yang ditemukan itu, ilmuwan akhirnya bisa mendapatkan gambaran yang lebih lengkap dari apa yang membuat teka-teki unik paleontologis ini.

"Ini bagus untuk akhirnya mengetahui hal-hal yang agak mendasar seperti berapa banyak kakinya, dan mengetahui mana kepalanya serta mana ekornya," kata ahli paleontologi Martin Smith dari University of Cambridge.

Hallucigenia diduga telah berasal dari Periode Cambrian sekitar 500 juta tahun yang lalu, waktu yang sangat signifikan dalam sejarah ketika sebagian besar kelompok utama binatang pertama kali muncul.

Makhluk ini memiliki rongga mulut kecil dan tenggorokan dilapisi dengan gigi seperti jarum kecil yang dirancang untuk pegangan makanan dan bagian yang mempercepat masuk ke dalam perut. Makhluk ini juga memiliki selang seperti leher aneh dengan dua mata berbentuk kacang di atas kepalanya.

"Itu akan menjadi pemandangan yang cukup mengesankan," kata ahli paleontologi Jean-Bernard Caron.


*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar