Mencegah dan Melawan Flu dengan Yogurt


Senin, 23 Februari 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Ketika terserang flu, pilek, atau gangguan pernafasan lainnya, seringkali banyak yang menggunakan pengobatan secara tradisional, misalnya menggunakan bawang putih, sup ayam, atau vitamin jus jeruk yang kaya vitamin C. Semua itu memang dapat membantu pencegahan dan pengobatan pilek maupun flu.

Namun, perlu diketahui juga ternyata ada cara pengobatan baru yang bisa juga Anda lakukan untuk melawan pilek, flu, dan infeksi pernafasan lainnya yaitu dengan yogurt.

Mencegah dan Melawan Flu dengan Yogurt

Apa iya yogurt bisa digunakan untuk mengusir flu dan pilek? Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan terhadap yogurt, didapatkan fakta menarik bahwa yogurt tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan melainkan juga baik untuk penyembuhan pilek dan flu.

Baca Juga:

Penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition menemukan bahwa yoghurt mengandung probiotik Lactobacillus casei galur DN-114001 yang memiliki dampak signifikan terhadap infeksi pernafasan dalam tiga cara:
  1. Penurunan kemungkinan tertular infeksi pernafasan;
  2. Mengurangi durasi infeksi pernafasan; dan
  3. Mengurangi hidung tersumbat terkait dengan infeksi saluran pernapasan.

Dalam penelitian tersebut, para peserta dianjurkan untuk makan sekitar tiga-perempat cangkir yoghurt yang mengandung strain L. casei setiap hari selama tiga bulan. Penelitian ini juga mengeksplorasi efek pada orang tua dengan usia rata-rata 76 tahun tetapi hasilnya ternyata berlaku juga untuk orang dewasa muda.

Mencegah dan Melawan Flu dengan Yogurt

Nah, berikut ini cara memilih yogurt yang dapat membantu mencegah serta melawan pilek, flu, dan infeksi saluran pencernaan:

  • Yogurt dapat membantu mengurangi hidung tersumbat dan durasi pilek atau flu jika dimulai pada infeksi lebih baik untuk menikmati yogurt setiap hari agar dapat mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi pernapasan.
  • Pilihlah yogurt yang mengandung strain yang efektif. Kebanyakan yogurt komersial yang tersedia TIDAK mengandung strain probiotik efektif. Sebab tidak semua produk memiliki isi yang sama.
  • Hindari yogurt dengan jumlah gula yang tinggi. Satu porsi tidak boleh mengandung lebih dari 10 sampai 12 gram gula tetapi kebanyakan yogurt di pasaran mengandung gula jauh lebih dari itu.
  • Pilihlah produk yang mengandung "budaya hidup" karena budaya probiotik hidup adalah bagian dari terapi yogurt.
  • Hindari yogurt yang berisi buah karena biasanya selai buah sarat dengan gula. Alangkah baiknya tambahkan buah Anda sendiri ke dalam yogurt.
  • Ingatlah, beberapa perusahaan yogurt menunjukkan bahwa mereka adalah perusahaan eksklusif dengan strain tertentu dari probiotik, hal ini sengaja untuk membuat para pembeli yakin terhadap merek dagang mereka. Makhluk hidup, termasuk bakteri strain seperti probiotik, tidak dapat dipatenkan. Merek dagang cuma nama yang dibuat-buat saja dan ini tentunya bisa menyesatkan. Maka Anda harus benar-benar jeli.

Semoga pilihan yogurt ini dapat menjadi alternatif pengobatan untuk melawan flu yang menyerang Anda. Apalagi dengan musim yang sedang berubah-ubah seperti ini, flu dan pilek bisa dengan mudah menjangkiti kita.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

4 komentar:

  1. yogurt emang enak selaen itu menyehatkan juga

    BalasHapus
  2. @Aditya Pratama: suka yogurt juga ya mas? :)

    BalasHapus
  3. saya kadang belu yogurt juga, tapi rasanya kayak gimana gitu ya. Behubung saya melihat manfaatnya, ya saya coba untuk mengkonsumsinya walaupun kadang kadang.

    BalasHapus
  4. @ilmu des: iya sob, jarang juga gak pa2 daripada tdk sama sekali.. manfaatnya bagus sob

    BalasHapus