7 Makhluk Dasar Laut Yang Aneh Dan Seram


Rabu, 05 Februari 2014
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Jumlah habitat di bumi yang paling terbanyak itu terdapat di dalam laut. Kehidupan di dalam laut memang tak akan pernah ada habisnya untuk terus digali. Laut adalah rumah bagi jutaan makhluk hidup yang benar-benar menakjubkan dan nyata. Diantara makhluk hidup itu, ada yang memiliki perangai lucu, menggemaskan, sampai yang paling menakutkan sekali pun.

Berbicara tentang makhluk hidup laut. Kita akan dihadapkan kepada berbagai macam bentuk spesies makhluk hidup laut. Namun, dari sekian banyak makhluk hidup laut yang pernah teridentifikasi oleh manusia, ternyata masih ada makhluk-makhluk yang mungkin belum bisa terjamah oleh manusia.

7 Makhluk Dasar Laut Yang Aneh Dan Seram

Berikut ini adalah 7 dari makhluk dasar laut yang paling aneh dan menyeramkan serta jarang ditemui oleh manusia, dikarenakan makhluk hidup ini memilih tempat hidup di kedalaman laut yang paling terdalam dan susah dijangkau oleh manusia.

1. Angler Fish

Angler fish

Anglerfish adalah ikan yang berkeliaran/hidup di dasar laut dalam. Anglerfish (Lophius piscatorius), jika di-Indonesia-kan berarti ikan pemancing. Ikan ini dinamakan demikian karena caranya menangkap mangsa yang cukup unik dengan menggunakan bagian tubuhnya yang menonjol keluar dari kepalanya yang mirip dengan kail pancing yang ajaibnya mampu mengeluarkan cahaya bioluminescent yang berasal dari jutaaan bakteri bercahaya yang menempel di situ. Hal ini cukup menarik mangsanya untuk mendekat dan begitu menyentuh “umpan” ini, Anglefish akan langsung bereaksi cepat melahapnya. Dengan mulutnya yang besar siap menerkam dan rahangnya yang bergigi panjang dan mengarah ke dalam membuatnya mudah memasukkan mangsa ke perut sekaligus menutup jalan keluar dari mulutnya.

Ikan berwajah monster ini selalu tampak marah karena merasa hidup di habitat yang berada di kedalaman laut yang sangat tidak ramah. Ini merupakan hal yang wajar karena binatang paling jelek di planet bumi ini merasa kesepian tinggal di kedalaman laut paling mencekam di bagian paling bawah yang sangat pekat dan gelap gulita.

2. Blobfish

Blobfish

Ikan yang mempunyai nama latin Psychrolutes marcidus ini tinggal di perairan lepas pantai Australia dan Tasmania. Selalu menyembunyikan diri sehingga jenis habitat ini jarang sekali bisa terlihat oleh manusia. Ini karena Blobfish tinggal pada kedalaman yang memiliki tekanan puluhan kali lebih tinggi daripada permukaan air laut sehingga mengakibatkan paru-paru manusia tidak bisa bekerja dengan sempurna.

Blobfish hidup dikedalaman antara 600 - 1.200m dimana tekanannya beberapa lusin kali lebih tinggi daripada di permukaan laut yang kemungkinan akan membuat gas kandung kemih tidak efisien untuk mempertahankan daya apung. Sebagai gantinya, daging Blobfish yang berbentuk agar-agar memiliki massa lebih kecil dibandingkan air. Inilah yang menyebabkan Blobfish dapat melayang di air tanpa mengeluarkan tenaga.

3. Flamingo Tongue Snail

Flamingo Tongue Snail

Bentuknya begitu rupawan. Ditambah dengan warna-warna mencolok nan indah. Namun, keindahan ini hanya sisi luarnya saja.

Flamingo tongue snail adalah sejenis keluarga siput yang hidup di laut. Meskipun bentuknya sangat indah, dengan polkadot sebagai coraknya, jenis hewan ini memiliki racun yang sangat mematikan.

4. Hatchetfish

Hatchetfish

Bentuk ikan ini terlihat begitu menyeramkan. Dengan matanya yang menonjol, serta kalau diperhatikan lebih seksama, tubuhnya seperti dibungkus oleh lapisan bening. Meskipun terlihat menyeramkan, ternyata ikan ini tidak berbahaya.

5. Goblin Shark

Goblin Shark

Bentuknya mirip ikan hiu, tapi seperti gabungan monster. Goblin Shark ini hidup di ribuan meter bawah permukaan laut. Satu-satunya keluarga hiu yang masih hidup dan berumur sekitar 125 tahun. Ini merupakan “fosil yang hidup”.

Goblin Shark ini tidak segesit hiu lainnya. Gerakannya lamban dan relatif tidak aktif. Namun begitu, kalau ada sesuatu yang mengganggu hidupnya, maka gigi-gigi tajamnya akan susah dilepaskan dari mangsa. Jenis hiu ini juga memiliki keanehan, ia bisa mati hanya beberapa saat setelah keluar dari air.

6. Sea Cuke (Timun Laut)

Sea Cuke (Timun Laut)

Sea Cuke, atau lebih dikenal dengan Timun laut ini memiliki tentakel-tentakel layaknya gurita. Ia menggunakan tentakel ini untuk mencari makan. Menurut beberapa ilmuwan, timun laut ini mengandung banyak nutrisi.

Ada satu yang unik dari Timun laut ini, dimana mereka memiliki tingkat kolagen yang tinggi yang memungkinkan untuk bisa mencairkan tubuhnya, sehingga bisa meresap ke tempat yang agak sempit. Seperti layaknya karet yang mulur. Fantastik!

7. Fangtooth

Fangtooth

Ikan yang satu ini mirip sekali dengan ikan piranha. Namun, ia bukan piranha yang ganas. Memang, jika dilihat, ia memiliki taring yang sangat runcing. Meskipun bentuk taringnya menyeramkan, akan tetapi taringnya itu ternyata lunak dan tidak berbahaya. Kok bisa?

Jenis ikan ini akan sangat jarang Anda temui karena ia hidup di kedalaman hingga 16.400 kaki. Hebat ya!

Dan perlu diketahui, bahwa Fangtooth ternyata ikan yang buta. Sama seperti kelelawar. Hal inilah yang membuat mereka agak kesulitan untuk menemukan mangsanya. Kasihan juga ya?

----------
Nah, itulah 7 Makhluk Dasar Laut Yang Aneh dan Seram yang mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Mereka memang nyata dan ada, meskipun keberadaan mereka sangatlah sulit untuk dijangkau oleh manusia.




sign


Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. untung mereka tersembunyi di dasar laut ya sob, ngebayangin gimana kalo mereka hidup di atas permukaan trs memiliki badan yg besar, pasti bakalan heboh

    BalasHapus