Golden Orb, Laba-laba yang Bisa Menghitung


Sabtu, 31 Januari 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Para ilmuwan percaya bahwa laba-laba jenis golden orb mungkin dapat menghitung berapa banyak serangga yang telah mereka tangkap.

Golden orb adalah spesies laba-laba pemalas yang bergantung hanya duduk dan menunggu mangsanya terjebak ke dalam jaring. Dengan waktu yang lama, teknik ini memang dapat membangun persediaan makanan yang cukup besar tetapi selalu ada risiko bahwa laba-laba lain akan mencoba untuk mengambil keuntungan dari sumber makanan tersedia ini dengan mengambil sebagian untuk diri mereka sendiri.

Golden Orb, Laba-laba yang Bisa Menghitung

Untuk melindungi diri dari pencurian tersebut, laba-laba golden orb tampaknya telah mengembangkan kemampuan yang unik dengan menghitung berapa banyak jumlah yang hilang dari jaringnya sehingga mereka akan keluar dan mencari mereka.

Baca Juga:

Untuk mempelajari perilaku ini peneliti di University of Wisconsin-Milwaukee melakukan percobaan untuk menentukan apakah laba-laba tersebut benar-benar sedang menghitung jumlah mangsa jebakan mereka dalam jaring atau itu hanya sekedar mendeteksi perbedaan dengan mengukur berat keseluruhan isi jaring saja.

Dan hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa laba-laba tampaknya bisa melakukan keduanya, sehingga diambil kesimpulan bahwa laba-laba golden orb dan beberapa spesies mereka memang memiliki kemampuan numerosity.

"Hal ini cukup menarik, karena dengan begitu menunjukkan bahwa laba-laba dengan ukuran otak dan kelompok yang berbeda dapat memiliki kemampuan ini," kata peneliti Rafael Rodríguez.

Ini berarti laba-laba semakin bertambah pintar.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar