Mengapa Menara Pisa Tidak Ambruk Meski Berumur 500 Tahun?


Jumat, 11 Mei 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Mengapa Menara Miring Pisa Tidak Ambruk Meski Berumur 500 Tahun?

Siapa yang tidak tahu bangunan yang unik satu ini, Menara Miring Pisa di Italia adalah bangunan yang memiliki struktur konstruksi paling aneh dan pasti menimbulkan banyak pertanyaan bagi yang melihatnya. Bagaimana bisa menara miring itu tetap berdiri kokoh meski sudah berusia 500 tahun? Pertanyaan misteri ini berusaha dijawab oleh para ilmuwan dan insinyur.

Dikenal karena kemiringannya yang mengkhawatirkan, menara yang dibangun pada abad ke-12 ini, sudah mulai miring bahkan sebelum konstruksi selesai karena tanah di bawahnya terlalu lunak di satu sisi.

Baca Juga:

Mengapa Menara Miring Pisa Tidak Ambruk Meski Berumur 500 Tahun?

Kemiringannya terus memburuk sampai upaya dibuat untuk menstabilkan pada tahun 1990-an.

Tetapi bagaimana cara kerjanya bisa bertahan hingga ratusan tahun tanpa benar-benar runtuh? Kelangsungan hidupnya sangat mengesankan mengingat fakta bahwa empat gempa bumi yang kuat telah melanda wilayah tersebut selama berabad-abad.

Saat ini, tim ilmuwan dan insinyur yang terdiri dari 16 orang mungkin akhirnya memecahkan misteri dan itu semua berkaitan dengan karakteristik tanah fondasi yang memberi menara itu kemiringan di tempat pertama.

Mengapa Menara Miring Pisa Tidak Ambruk Meski Berumur 500 Tahun?

Setelah mempelajari informasi seismologi, geoteknik dan struktural, para peneliti menentukan bahwa ketahanan menara turun ke bagaimana ketinggian dan kekakuan menara itu sendiri bergabung dengan kelembutan tanah untuk memodifikasi karakteristik vibrasi dari struktur tersebut.

Akibatnya, menara tidak beresonansi dengan gerakan tanah gempa seperti yang dilakukan bangunan lain.

"Ironisnya, tanah yang sama yang menyebabkan ketidakstabilan miring dan membawa menara ke ambang kehancuran, dapat dikreditkan karena membantu bertahan dari peristiwa seismik ini," kata Prof George Mylonakis.

Jadi jawaban atas pertanyaan di awal adalah, bahwa berkat bantuan tanah yang menyebabkannya miring juga telah menyebabkan bangunan menara itu menjadi lebih kokoh. Cukup aneh bukan?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar