Semut Bisa Membangun Menara dari Tubuh Mereka Sendiri


Minggu, 16 Juli 2017
Label: ,

[Sains Box] Sebuah studi baru telah mengungkapkan cara menakjubkan di mana semut api berdiri bersama untuk membentuk menara hidup. Di beberapa bagian dunia, terutama di daerah dimana banjir biasa terjadi, beberapa spesies semut telah mengembangkan kemampuan luar biasa untuk membentuk struktur kehidupan seperti rakit untuk menghindari tenggelam.

Baca Juga:


Ketika air surut, semut akan sering menempel pada tanaman yang terbuka dan membentuk menara dari tubuh mereka sendiri untuk bertindak sebagai tempat berlindung sampai mereka memiliki kesempatan untuk membangun sarang bawah tanah konvensional.

Semut Bisa Membangun Menara dari Tubuh Mereka Sendiri

Selama studi baru-baru ini, para periset di Georgia Institute of Technology telah membuat kamera untuk menangkap rekaman semut api yang membangun menara seperti itu namun lupa mematikan rekaman selama lebih dari satu jam setelah meninggalkan ruangan.

Awalnya percaya rekaman tambahan mereka menjadi tidak berharga, mereka segera menyadari bahwa menara di video itu benar-benar tenggelam dan semut-semut itu mengedarkan struktur dengan cara yang sangat tidak biasa.

Ternyata semut di bagian bawah bergerak ke luar karena berat semut di atas sedangkan semut di bagian luar menara terus membangunnya kembali.

"Sisa menara secara bertahap tenggelam, sementara semut di puncak terus membangunnya lebih tinggi dan lebih tinggi," kata Craig Tovey dari Georgia Tech. "Ini lucu sekali."

VIDEO SEMUT BIKIN MENARA

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar