Kepunahan Massal Memicu Ekspansi Dinosaurus Di Muka Bumi


Selasa, 17 April 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Kepunahan Massal Memicu Ekspansi Dinosaurus Di Muka Bumi

Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa peristiwa yang menghancurkan mungkin bertanggung jawab atas dominasi dinosaurus. Kepunahan dinosaurus selama peristiwa kepunahan massal pada akhir Kapur adalah pengetahuan umum selama bertahun-tahun, tetapi apa yang tidak begitu dipahami adalah serangkaian peristiwa yang membawa dominasi planet kita di tempat pertama.

Kini, dalam sebuah makalah baru, para ilmuwan telah menguraikan bagaimana kunci ekspansi dinosaurus mungkin dipicu oleh peristiwa kepunahan massal yang menghancurkan kehidupan di Bumi sekitar 232 juta tahun yang lalu.

Baca Juga:

Kepunahan Massal Memicu Ekspansi Dinosaurus Di Muka Bumi

Dikenal sebagai Episode Pluvial Carnian, peristiwa itu melihat dari adanya letusan gunung berapi besar-besaran yang menyebabkan periode pemanasan global berkepanjangan, sementara hujan asam yang mematikan juga jatuh dari langit yang tersengat abu.

Ketika debu akhirnya menghilang, jalan-jalan pun sudah bersih, saat itulah waktu terbaik bagi dinosaurus untuk bangkit kembali dan mendominasi Bumi. Dimana iklim yang saat itu beralih dari kering ke lembab.

"Penemuan keberadaan hubungan antara diversifikasi dinosaurus pertama dan kepunahan massal global adalah penting," kata Profesor Mike Benton dari Universitas Bristol.

Kepunahan Massal Memicu Ekspansi Dinosaurus Di Muka Bumi

"Kepunahan itu tidak hanya menjelaskan jalan bagi zaman dinosaurus, tetapi juga bagi asal-usul banyak kelompok modern, termasuk kadal, buaya, kura-kura, dan mamalia, hewan darat utama saat ini."

Namun, berdasarkan bukti-bukti yang berhasil dikumpulkan oleh para ilmuwan menjelaskan bahwa perubahan iklim dan pemanasan global di masa jutaan tahun lalu juga telah mengakibatkan kepunahan berulang, dimana ada saatnya dinosaurus bangkit dan mendominasi, namun ada juga saat mereka akhirnya punah secara keseluruhan.

Terlintas satu pertanyaan di benak saya? Apakah pemanasan global dan perubahan iklim kali ini, akan mengulang kembali kepunahan massal?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar