Ilmuwan Ingin Merubah Asteroid Menjadi Pesawat Luar Angkasa


Senin, 30 April 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Ilmuwan Ingin Merubah Asteroid Menjadi Pesawat Luar Angkasa

Para peneliti telah mengajukan gagasan untuk mengosongkan asteroid dan menggunakannya sebagai alat transportasi untuk melakukan perjalanan di antara bintang-bintang. Mungkin ini terdengar seperti sesuatu yang keluar dari novel Arthur C. Clarke, tetapi ide menggunakan asteroid sebagai kerangka kerja untuk kapal antarbintang multi-generasi sebenarnya bisa memiliki beberapa manfaat.

Dikenal sebagai Evolving Asteroid Starship, konsep ini dirancang oleh Tim Delft Starship TU, yaitu sekelompok mahasiswa dan peneliti yang berbagi semangat dalam ruang angkasa antarbintang.

Baca Juga:

Mengingat jumlah waktu yang dapat diambil oleh sebuah perjalanan, keberlanjutan jangka panjang akan sangat penting.

"Kami membutuhkan teknologi ruang angkasa yang dapat mempertahankan diri dan dapat berevolusi serta mampu bertahan selama beberapa dekade yang dibutuhkan untuk perjalanan dari Tata Surya kita ke tempat yang lain," kata pendiri tim, Angelo Vermeulen.

Ilmuwan Ingin Merubah Asteroid Menjadi Pesawat Luar Angkasa

"Sebagai bagian dari itu, kami melihat pada jenis sistem pendukung kehidupan regeneratif yang dipelopori oleh program MELiSSA (Micro-Ecological Life Support System Alternative) yang dipimpin ESA."

Tim tersebut juga menyarankan bahwa kapal tersebut akan perlu bertindak hampir seperti organisme hidup.

"Oleh karena itu, kapal luar angkasa juga harus bisa berevolusi," kata Vermeulen.

"Setelah semua, kembali ke bumi untuk mengatasi masalah, seperti yang kita lihat selama misi berikutnya menuju bulan adalah keluar dari pertanyaan. Kapal harus dapat berperilaku seperti organisme hidup yang menggunakan bahan baku dimana bahan tersebut tersedia di ruang angkasa, seperti asteroid."

"Asteroid bisa dimanfaatkan untuk bahan bakar dan bahan bangunan, misalnya."

Entah apakah ide ini dapat dijalankan dengan baik, namun menurut saya pribadi, ini mungkin ide yang bagus untuk dapat dimulai terutama dalam upaya eksplorasi ruang angkasa di masa depan.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar