Peta Bintang Terbaru Akan Menampilkan 1,7 Miliar Bintang


Jumat, 27 April 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Peta Bintang Terbaru Akan Menampilkan 1,7 Miliar Bintang

Astronom dari misi Gaia ESA (European Space Agency) besok akan merilis peta terbesar galaksi kita yang pernah dibuat. Dilengkapi dengan kamera 1 miliar piksel yang mampu mengukur diameter satu rambut manusia dari jarak lebih dari 1.000 km, Gaia mampu memetakan galaksi secara lebih detail daripada sebelumnya.

Diluncurkan pada tahun 2013, pesawat ruang angkasa ini telah mampu mengkategorikan posisi dan kecerahan dari 1,1 miliar bintang dan astronom besok diharapkan dapat mengungkapkan penambahan lebih dari 600 juta.

Baca Juga:

Peta Bintang Baru Akan Menampilkan 1,7 Miliar Bintang

"Ini akan menjadi katalog bintang paling tepat dan lengkap yang pernah diproduksi," kata Gaia Science Operations Manager bernama Uwe Lammers.

Rilis baru akan mencakup wilayah yang lebih luas dari galaksi daripada rilis sebelumnya dan juga akan mencakup data tambahan seperti suhu bintang dan kecepatan.

Rilis ketiga akan menampilkan lebih banyak bintang yang diharapkan akan terjadi pada tahun 2020 nanti.

Peta Bintang Baru Akan Menampilkan 1,7 Miliar Bintang

"Gaia adalah peta galaksi Bima Sakti yang belum pernah terjadi sebelumnya, astrofisika fundamental yang terbaik, meletakkan dasar bagi penelitian selama puluhan tahun tentang segala sesuatu dari Tata Surya hingga ke asal dan evolusi Alam Semesta," kata astronom Emily Rice.

"Ini juga sekaligus bersifat mendasar dan transformatif yang langka dalam astronomi modern."

Gaia telah memberi kita peta Bima Sakti yang tak tertandingi.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar