Fosil Jejak Ini Menggambarkan Pengejaran Kungkang Raksasa


Jumat, 27 April 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Fosil Jejak Ini Menggambarkan Pengejaran Kungkang Raksasa

Bukti baru telah ditemukan yang menunjukkan bahwa nenek moyang kita dahulu kala juga memburu makhluk prasejarah yang diduga adalah kungkang raksasa. Mengingat ukurannya yang kecil dan temperamennya yang agak jinak dari kungkang saat ini, maka sulit untuk membayangkan bahwa, ribuan tahun yang lalu, ada kungkang yang sangat besar, raksasa yang beratnya mencapai 4 ton.

Belum lama ini, satu set jejak fosil berusia 11.000 tahun ditemukan di New Mexico telah mengungkapkan bahwa makhluk-makhluk ini tidak hanya hidup di wilayah itu saja, tetapi juga aktif diburu oleh nenek moyang kita sendiri.

Baca Juga:

Fosil Jejak Ini Menggambarkan Pengejaran Kungkang Raksasa

Jejak yang berukuran 20 inci, masing-masing memiliki cetakan jejak manusia yang lebih kecil di dalamnya, menunjukkan bahwa pengejar makhluk itu mengikutinya dengan sangat dekat di belakang.

"Jejak kaki manusia memiliki orientasi sumbu panjang yang sama dan terjadi di dalam garis lintasan jejak kungkang, menunjukkan bahwa pembuat jejak manusia berjalan dengan sengaja di bekas jejak kungkang tersebut," kata ilmuwan bernama Matthew Bennett dan rekannya dalam sebuah makalah baru-baru ini.

"Langkah-langkah ini mengisyaratkan orang-orang tersebut untuk menyesuaikan langkah normal dalam mengakomodasi langkah yang lebih lama dari kungkang."

Fosil Jejak Ini Menggambarkan Pengejaran Kungkang Raksasa

Fosil Jejak Ini Menggambarkan Pengejaran Kungkang Raksasa

Meskipun sudah lama diduga bahwa manusia akan memburu kungkang raksasa baik untuk makanan atau bulunya, namun penemuan ini menawarkan bukti langsung pertama bahwa ini benar-benar terjadi di masa lalu.

Beberapa jejak bahkan menunjukkan kungkang mungkin telah mencoba untuk mempertahankan dirinya dari serangan manusia prasejarah saat itu.

"Jejak kungkang melingkar konsisten dengan perilaku defensif di mana jejak kungkang agak membesar di kaki belakang mereka, menandakan ia membebaskan kaki depannya untuk pertahanan," tulis para peneliti.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar