Ternyata, Planet Uranus Itu Berbau Seperti Telur Busuk


Selasa, 24 April 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Ternyata, Planet Uranus Itu Berbau Seperti Telur Busuk

Uranus, planet ketujuh dalam tata surya kita ini memang paling banyak yang tidak menyukainya, atau bahkan sangat jarang sekali dibahas. Planet ini adalah salah satu dari ketiga raksasa gas dalam sistem tata surya kita yang memiliki cincin planet. Kehadiran gas di Uranus memang telah lama dicurigai, tetapi tidak sampai para astronom melakukan pengamatan menggunakan instrumen Near-Infrared Integral Field Spectrometer (NIFS) pada teleskop Gemini Utara di Hawaii yang akhirnya dikonfirmasi.

Instrumen ini mampu melihat tanda keberadaan hidrogen sulfida di atas puncak awan Uranus. Seperti yang kita ketahui bahwa hidrogen sulfida, adalah gas yang memberikan bau seperti telur busuk. Ini berarti planet ini jelas sekali bukan tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi oleh siapa pun.

Baca Juga:

Ternyata, Planet Uranus Itu Berbau Seperti Telur Busuk

"Hanya sejumlah kecil yang tersisa di atas awan sebagai uap jenuh," kata rekan penulis studi, Leigh Fletcher dari Universitas Leicester. "Dan inilah mengapa sangat sulit untuk menangkap tanda-tanda amonia dan hidrogen sulfida di atas dek awan Uranus."

"Kemampuan superior Gemini akhirnya memberi kita keberuntungan itu."

Dengan adanya penemuan ini, telah membantu fisikawan memahami lebih banyak tentang struktur dan atmosfer Uranus.

Berikut perbandingan ukuran Uranus dengan Bumi:

Ternyata, Planet Uranus Itu Berbau Seperti Telur Busuk

"Jika seorang manusia malang yang pernah turun melalui awan Uranus, mereka akan bertemu dengan kondisi yang sangat tidak menyenangkan dan berbahaya," kata penulis utama studi, Patrick Irwin dari Universitas Oxford.

"Tentu saja, akan mati lemas dan eksposur di atmosfer negatif 200 derajat Celcius, terbuat dari hidrogen, helium, dan metana, akan memakan korban jauh sebelum bau itu."

Uranus, planet yang benar-benar mengerikan!

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(bbc)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar