Gua Bawah Air Terdalam di Dunia Terungkap


Minggu, 02 Oktober 2016
Label:
Advertisement
[Sains Box] Penyelam telah menemukan sebuah gua bawah air di Republik Ceko yang turun ke kedalaman hingga 1,325 kaki. Memasuki gua ini harus melalui koridor gelap gulita yang sempit dan berbatu jauh di bawah tanah. Ini mungkin tampak seperti cobaan yang mengerikan di saat terbaik, tapi bayangkan bagaimana kita mengenakan peralatan selam dan mencobanya untuk menyelam ke bawah di bawah permukaan sebuah gua bawah air, pasti cukup untuk membuat orang merasa sesak.

Namun, bagi seorang penyelam asal Polandia bernama Krzysztof Starnawski, ini semua merupakan pekerjaan sehari-harinya, dan sekarang explorer pemberani ini telah berhasil mengidentifikasi gua ini sebuah tempat suci di bawah air yang lebih dalam dari yang lain di planet Bumi.

Gua Bawah Air Terdalam di Dunia Terungkap

Baca Juga:

Terletak di Republik Ceko, gua yang dikenal sebagai Hranicka Propast ini pertama kali dieksplorasi pada tahun 1999, tapi sekarang setelah ekspedisi dua tahun, penyelam telah menemukan bahwa gua tersebut benar-benar turun jauh di bawah hingga 1,325 kaki, sehingga menjadikannya sebagai gua bawah air terdalam di dunia.

Mencapai bagian bawah bukanlah tugas yang mudah, terutama karena itu hanya mungkin untuk penyelam turun sekitar 400 m saja menggunakan peralatan selam konvensional. Untuk menjelajahi seluruh gua, tim menggunakan kendaraan eksplorasi yang dioperasikan dari jauh.

"Tujuan saya adalah bukan untuk mencapai menyelam terdalam oleh manusia, tetapi untuk membantu eksplorasi oleh ROV," kata Starnawski. "Dalam gua ini kami ingin menjelajahi luar batas 400 meter."

"Ini tidak bisa dilakukan, sejauh ini, oleh seorang penyelam scuba di dalam gua. Jadi saya diundang Bartlomiej Grynda dari armada laut GRAL, dengan bantuan ROV, mengirim robot sedalam mungkin untuk menjelajahi gua."

Gua Bawah Air Terdalam di Dunia Terungkap

Tim menemukan pohon-pohon tumbang dan cabang di lantai gua yang menunjukkan bahwa gua besar ini diduga menjadi bagian dari garis patahan alami, yang telah berubah bentuk.

"Hasilnya sangat mencengangkan," kata Starnawski.

Dengan bantuan sebuah ROV, tim ekspedisi mampu mengukur kedalaman gua dan menjelajahi bagian bawah jurang batu kapur.


*******
Thanks
Sains Box
Sains Box


Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.