Ahuna Mons, Gunung Berapi Es yang Ditemukan di Ceres


Sabtu, 03 September 2016
Label:

[Sains Box] Pesawat ruang angkasa milik NASA yang bernama Dawn telah mengidentifikasi apa yang tampaknya menjadi sebuah gunung berapi es di permukaan planet kerdil Ceres. Objek terbesar di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter ini, Ceres telah menjadi subyek dari banyak intrik baru berkat titik terang misterius dan fitur anomali permukaannya.

Baru-baru ini para ilmuwan telah mengidentifikasi apa yang mereka yakini sebagai bukti keberadaan cryovolcano disana dalam bentuk gunung berapi besar yang terbentuk jutaan tahun yang lalu oleh 'lava' asin yang mengalir naik dari jauh di bawah.

Ahuna Mons, Gunung Berapi Es yang Ditemukan di Ceres

Baca Juga:

Cryovolcano, yang diproduksi melalui proses melibatkan cairan atau gas beku bukan batuan cair, telah lama dicurigai pada beberapa dunia es di tata surya kita termasuk bulan Saturnus, Titan, dan dunia yang jauh Pluto.

"Ahuna Mons adalah bukti jenis vulkanisme yang tidak biasa, yang melibatkan air asin dan lumpur, sepertinya bekerja di Ceres," kata NASA, Ottaviano Ruesch. "Kegiatan Geologi dibahas dan diperdebatkan di kalangan ilmuwan: sekarang kita akhirnya memiliki pengamatan bersaksi untuk kejadian tersebut."

Sesuatu yang tidak biasa memang menarik untuk diketahui.

"Ceres ini benar-benar anggota tata surya dengan kehidupan sendiri. Saya pikir itu adalah penemuan besar."

VIDEO AHUNA MONS

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar